MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI PENERAPAN METODE MAKE A MATCH KOLABORASI METODE BERTUKAR PASANGAN SISWA KELAS III SDN 2 SESELA KECAMATAN GUNUNGSARI KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN PELAJARAN 2016/2017

APRIANA, RENY (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI PENERAPAN METODE MAKE A MATCH KOLABORASI METODE BERTUKAR PASANGAN SISWA KELAS III SDN 2 SESELA KECAMATAN GUNUNGSARI KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI (RENY APRIANA. EIE213163).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pencapaian hasil belajar siswa di SDN 2 Sesela pada mata pelajaran PKn masih berada di bawah KKM yaitu 75 dengan nilai rata-rata 70 dan ketuntasan klasikalnya mencapai 48%. Hal ini dikarenakan guru kurang dalam menggunakan metode pembelajaran dan guru belum sepenuhnya melaksanakan pembelajaran secara aktif, guru juga kurang memanfaatkan media pembelajaran yang tersedia disekolah sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Dari latar belakang tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar PKn melalui penerapan metode Make A match kolaborasi metode bertukar pasangan siswa kelas III SDN 2 Sesela Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat tahun pelajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang mencakup, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi serta refleksi, yang melibatkan 24 orang siswa kelas III sebagai subyek dengan 1 orang guru sebagai observer yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dalam setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Data aktivitas siswa dan guru diperoleh dari melalui lembar observasi, sedangkan hasil belajar diperoleh dari tes evaluasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil pada siklus I nilai rata-rata siswa 73,8 degan persentase ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 58,3%. Pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 81,6 dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 87,5%. Hasil ini menunjukkan bahwa dengan penerapan metode make a match kolaboras metode bertukar pasangan dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas III SDN 2 Sesela Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat tahun pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Make A Match, Bertukar Pasangan, Hasil Belajar PKn.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 09 Apr 2018 06:52
Last Modified: 09 Apr 2018 06:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/2200

Actions (login required)

View Item View Item