HUBUNGAN KADAR TROPONIN-I DENGAN SELVESTER QRS SCORE PADA PASIEN INFARK MIOKARDIUM AKUT DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA MATARAM

Baiq, Nopria Dwi Cahyani (2020) HUBUNGAN KADAR TROPONIN-I DENGAN SELVESTER QRS SCORE PADA PASIEN INFARK MIOKARDIUM AKUT DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KTI BAIQ NOPRIA DWI CAHYANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (896kB)

Abstract

Latar Belakang: Infark Miokardium Akut merupakan salah satu manifestasi dari penurunan atau penghentian aliran darah menuju jantung sehingga menyebabkan terjadinya nekrosis pada otot jantung. Untuk mendiagnosis infark miokardium akut salah satunya menggunakan biomarker jantung. Troponin-I merupakan biomarker jantung yang digunakan pada lini pertama untuk mengevaluasi infark miokardium akut. Luas infark pada pasien infark miokardium akut dapat diperkirakan dengan Selvester QRS score yang merupakan metode tidak invasif. Selvester QRS Score ini berfungsi untuk menerjemahkan perubahan depolarisasi ventrikel yang diukur dengan menggunakan elektrokardiogram (EKG). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kadar troponin-I dengan Selvester QRS score pada pasien infark miokardium akut di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Mataram. Metode: Penelitian ini merupakan studi cross sectional yang dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Mataram. Subjek penelitian adalah pasien infark miokardium akut di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Mataram yang telah memenuhi kriteria inklusi dan ekslusi. Data sekunder diambil dari rekam medis pasien yaitu nama, usia, jenis kelamin, kadar troponin-I, dan hasil pemeriksaan elektrokardiogram (EKG). Data elektrokardiogram (EKG) digunakan untuk menghitung Selvester QRS score. Hasil: Total subjek penelitian pada sampel ini yaitu 52. Sebanyak 37 orang berjenis kelamin laki-laki (71.2%). Usia rata-rata pada penelitian ini yaitu 58.06 tahun. Berdasarkan hasil uji korelasi didapatkan tidak ada hubungan yang signifikan antara kadar troponin-I dengan Selvester QRS score (p=0.449). Hasil uji korelasi antara usia dengan Selvester QRS score (p=0.371) dan antara jenis kelamin dengan Selvester QRS score (p=0.171) pada penelitian ini yaitu tidak terdapat hubungan yang signifikan. Kesimpulan: Penelitian ini menemukan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kadar troponin-I dengan Selvester QRS score pada pasien infark miokardium akut di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: kadar troponin-I, Selvester QRS score, dan infark miokardium akut
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 10 Jun 2021 04:11
Last Modified: 10 Jun 2021 04:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22062

Actions (login required)

View Item View Item