PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN IPS KELAS V SDN 40 AMPENAN TAHUN 2020/2021

Yati, Kurniati (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN IPS KELAS V SDN 40 AMPENAN TAHUN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI YATI KURNIATI E1E016154.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar muatan IPS siswa kelas V SDN 40 Ampenan tahun ajaran 2020/2021. Jenis dan metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan bersifat kausal komparatif (Ex Post Facto). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah populasi penelitian ini 30 siswa kelas V SDN 40 Ampenan. Metode pengumpulan data menggunakan Angket penggunaan model pembelajaran group investigation dengan skala likert dan dokumentasi hasil belajar siswa pada muatan IPS. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji linieritas. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, regresi sederhana, uji t, dan uji koefesien determinan (R2 ) yang digunakan untuk menguji hipotesis. Hasil uji hipotesis pada penelitian ini yaitu hasil uji t dengan nilai p-value 0.002 pada taraf signifikansi 0.05 (0.002 < 0.05) dengan nilai thitung 3.491 > ttabel 2.048 (Ha diteriama dan Ho ditolak). Pada hasil analisis regresi diperoleh nilai R square sebesar 30,3%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation memberikaan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar muatan IPS siswa kelas V SDN 40 Ampenan Tahun Ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Group investigation, Hasil belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Jun 2021 23:41
Last Modified: 15 Jun 2021 23:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22185

Actions (login required)

View Item View Item