ANALISIS PROFITABILITAS USAHATANI DAN PEMASARAN MELON DI KECAMATAN PRAYA TIMUR KABUPATEN LOMBOK TENGAH

HOLIDI, HOLIDI (2018) ANALISIS PROFITABILITAS USAHATANI DAN PEMASARAN MELON DI KECAMATAN PRAYA TIMUR KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi holidi..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu (1).untuk mengkaji pendapatan usahatani melon di Kecamatan Praya Timur, (2). Menganalisis profitabilitas usahatani melon di Kecamatan Praya Timur,(3). mengkaji saluran dan efisiensi pemasaran melon di Kecamatan Praya Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan unit analisis usahatani melon dan pemasaran melon di Kecamatan Praya Timur. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis pendapatan, analisis profitabilitas, saluran pemasaran dan efisiensi pemasaran. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu; ). Rata-rata pendapatan bersih atau pendapatan atas biaya total yang ditrima petani yaitu sebesr Rp 11.824.198 per luas lahan garapan dengan mengeluarkan total biaya produksi yaitu sebesar Rp 6.988.927 dan atau dengan total biaya produksi sebesar Rp 58.241.061 per ha, akan memperoleh pendapatan bersih atau pendapatan atas biaya total sebesar Rp 98.534.981. (2) Nilai profitabilitas usahatani melon yaitu sebesar 169,18 %. Nilai profitabilitas tersebut lebih besar dari kreteria suku bunga Bank yang telah ditetapkan yaitu 12 % pertahun dan atau sebesar 3 % per musim tanam. Artinya setiap modal sebesar Rp 100 akan menghasilkan keuntungan sebesar Rp 16.918. sehinga dengan nilai profitabilitas sebesar 169,18 % mampu membayar suku bunga Bank yang berlaku atas penggunaan modal, sehinga usahatani melon di Kecamatan Praya Timur menguntungkan untuk diusahakan. (3). Pemasaran melon di Kecamatan Praya Timur terdapat tiga saluran pemasaran yaitu : I. Petani - Pedagang Pengepul Desa - Pedagang Pengecer - Konsumen Akhir. II. Petani - Pedagang Pengepul Desa - pedagang Pengepul Kecamatan- Pedagang Pengecer - Konsumen Akhir. III. Petani - Pedagang Pengepul Kecamatan - Pedagang Pengecer - Konsumen Akhir. Sedangkan efisiensi dari ketiga saluran pemasaran yang lebih efisien yaitu pada saluran pemasaran III karena dilihat dari distribusi keuntungan sebesar 0,55 lebih besar dari saluran pemasaran I & II yaitu sebesar 0,46 dan 0,33

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Melon, Profitabilitas, dan Pemasaran
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 09 Apr 2018 06:49
Last Modified: 09 Apr 2018 06:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/2219

Actions (login required)

View Item View Item