ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN JERUK MANIS DI KECAMATAN ALAS BARAT KABUPATEN SUMBAWA BESAR

Risky, Safa Erwansyah (2021) ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN JERUK MANIS DI KECAMATAN ALAS BARAT KABUPATEN SUMBAWA BESAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI (RISKY SAFA E).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Risky Safa Erwansyah. Analisis Efisiensi Pemasaran Jeruk Manis Di Kecamatan Alas Barat Kabupaten Sumbawa Besar. Pembimbing utama: Ir. Ibrahim, M.Si. dan pembimbing pendamping: Ir. Wuryantoro, M.Agr. Bus. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui saluran pemasaran Jeruk Manis di Kecamatan Alas Barat Kabupaten Sumbawa Besar. (2) Untuk mengetahui efisiensi pemasaran Jeruk Manis di Kecamatan Alas Barat Kabupaten Sumbawa Besar. (3) Untuk mengetahu kendala dalam pemasaran Jeruk Manis di Kecamatan Alas Barat Kabupaten Sumbawa Besar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik Survey. Unit analisis dalam penelitian ini adalah pengusaha jeruk manis di Kecamatan Alas Barat Kabupaten Sumbawa Besar. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif, sedangkan sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data skunder. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Alas Barat Kabupaten Sumbawa Besar. Kecamatan Alas Barat terdiri dari 8 desa, ditetapkan tiga desa sebagai sampel yaitu Desa Lekong, Desa Mapin Kebak dan Desa Mapik Rea. Penentuan daerah sampel ditentukan secara sengaja “purposive sampling” atas pertimbangan tiga desa tersebut merupakan sentral usaha Jeruk Manis dengan jumlah petani terbanyak. Penentuan responden ditentukan dengan cara “Sensus” dan “snowbal sampling”. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah: saluran pemasaran, dan efisiensi pemasaran, serta kendala pemasaran yang dihadapi oleh pengusaha Jeruk Manis di lokasi penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) terdapat dua saluran pemasaran yang digunakan oleh petani di Kecamatan Alas Kabupaten Sumbawa Besar dalam memasarkan buah Jeruk Manis, yaitu: (a) petani pedagang pengumpul pedagang pengecer konsumen; (b) petani pedagang pengecer konsumen; (2) Efisiensi saluran pemasaran Jeruk Manis termasuk dalam kategori efisien karena margin pemasaran, nilai share petani >60% yaitu sebesar 100 % dan nilai distribusi keuntungan berada antara 0,5 sampai 1 . Dalam penelitian ini saluran pemasaran ke-II lebih efisien karena nilai margin pemasaran, nilai share petani dan nilai distribusi keuntungan memenuhi syarat efisiensi dibandingkan saluran pemasaran ke-I. (3) kendala pemasaran yang dihadapi oleh pengusaha Jeruk Manis dalam menjalankan usahanya terdapat dua jenis kendala yaitu: modal dan cuaca. Dari hasil penelitian dan pembahasan serta keadaan nyata yang diperoleh dari lapang dapat disarankan: (1) pengusaha Jeruk Manis di Kecamatan Alas Barat disarankan dapat menambah modal dengan menjalin kerja sama dengan pihak-pihak terkait baik dengan pemerintah maupun swasta, agar mau berinvestasi usaha Jeruk Manis dalam keberlangsungan usaha; (2) pemerintah atau instansi terkait dapat memberikan pelatihan-pelatihan yang berkait dengan pengelolahan produk Jeruk Manis lainnya seperti jus Jeruk Manis dan lain-lain serta menyediakan pasar bagi produk tersebut agar keuntungan yang diperoleh pengusaha Jeruk Manis bertambah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Usaha Jeruk Manis, dan Efisiensi Pemasaran.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 16 Jun 2021 00:30
Last Modified: 16 Jun 2021 00:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22197

Actions (login required)

View Item View Item