ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS TERTULIS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 PRAYA BARAT DAYA TAHUN AJARAN 2020/2021

YOLITA, MALAYA (2021) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS TERTULIS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 PRAYA BARAT DAYA TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI YOLITA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis tertulis ditinjau dari gaya kognitif siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Praya Barat Daya tahun ajaran 2020/2021. Dengan subjek penelitian adalah 4 orang siswa kelas VIII A yang diambil berdasarkan hasil tes GEFT. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Adapun instrument yang digunakan adalah tes GEFT dan tes kemampuan komunikasi matematis. Dari hasil penelitian, didapatkan hasil: (a) Siswa dengan gaya kognitif field independent kemampuan komunikasi matematis tertulisnya baik. Siswa pada tingkat ini sudah dapat menyatakan idea tau solusi matematika dengan bahasa sendiri dengan jelas dan tepat, sudah mampu menyatakan permasalahan dalam bentuk gambar, dan sudah mampu menuliskan ide dan penjelasan matematika dengan tepat namun masih kurang sempurna. (b) Siswa dengan gaya kognitif field dependent kemampuan komunikasi matematisnya cukup baik. Siswa pada tingkat ini sudah dapat menyatakan idea tau solusi matematika dengan bahasa sendiri dengan baik namun masih kurang lengkap, masih belum sempurna dalam menyatakan permasalahan kedalam bentuk gambar dimana masih belum lengkap, dan sudah mampu menuliskan ide dan penjelasan matematika dengan jelas dan tepat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : komunikasi matematis, gaya kognitif, penyelesaian masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Jun 2021 03:42
Last Modified: 17 Jun 2021 03:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22243

Actions (login required)

View Item View Item