PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN MATERI ARITMETIKA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII-1 SMP NEGERI 2 LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017

CAHYANI SUGIONO, ADELLA SARI (2017) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN MATERI ARITMETIKA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII-1 SMP NEGERI 2 LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ADELLA SARI CAHYANI SUGIONO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VII 1 SMPN 2 Lingsar tahun pelajaran 2016/2017. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang dilakukan selama ini masih berpusat pada guru (teacher centered). Sehingga peserta didik tidak memiliki kesempatan untuk terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Aktivitas peserta didik hanya terbatas pada membaca, mendengar, melihat, dan mencatat apa yang disampaikan oleh guru. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik di kelas VII 1 SMPN 2 Lingsar tahun pelajaran 2016/2017 dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning (PBL). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri atas beberapa tahapan yakni tahapan perencanaan, tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Data aktivitas belajar diambil dengan menggunakan lembar obsertvasi, sedangkan data hasil evaluasi yang digunakan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah peserta didik diambil dengan memberikan tes pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar peserta didik pada siklus I dan siklus II berturut-turut berada pada kategori tinggi dan sangat tinggi, dengan masing-masing skor rata-rata sebesar 11,66 dan14,5. Dari analisa hasil evaluasi diperoleh nilai rata-rata hasil evaluasi pada siklus I dan II masing-masing adalah 69,5 dan 85,06 dengan ketuntasan klasikal masing-masing siklus sebesar 50% dan 88,89%. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning pada materi aritmetika social dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VII 1 SMPN 2 Lingsar tahun pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): :aktivitas, kemampuan pemecahan masalah, model pembelajaran
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 09 Apr 2018 10:08
Last Modified: 09 Apr 2018 10:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/2227

Actions (login required)

View Item View Item