SISTEM MONITORING DAN KONTROL PENERANGAN JALAN UMUM MENGGUNAKAN JARINGAN KOMUNIKASI LoRa BERBASIS INTERNET OF THINGS (IoT)

Taufik, Taufik (2021) SISTEM MONITORING DAN KONTROL PENERANGAN JALAN UMUM MENGGUNAKAN JARINGAN KOMUNIKASI LoRa BERBASIS INTERNET OF THINGS (IoT). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Laporan TA_TAUFIK_F1B015087.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penerangan jalan umum merupakan salah satu elemen atau komponen yang harus ada pada setiap jalan, berfungsi sebagai penerangan jalan pada malam hari demi keselamatan pengendara. Penerangan jalan umum sebagian besar menyala pada malam hingga pagi hari secara terus menerus tanpa sistem pengawasan dan pengendalian yang memakan listrik. Oleh karena itu, dalam penelitian ini dirancang sebuah sistem monitoring dan kontrol penerangan jalan umum menggunakan jaringan komunikasi LoRa berbasis internet of things (IoT) yang digunakan untuk memonitoring besaran tegangan, arus, daya, frekuensi, dan faktor daya dan juga untuk mengontrol lampu penerangan jalan umum dalam hal ini menghidupkan dan mematikan saja. Ini menggunakan jaringan komunikasi modul ESP32 - LoRa – OLED sebagai mikrokontroller, pengirim data dan penerima data dalam jarak yang jauh, modul relay sebagai saklar, sensor PZEM 004T untuk pengambilan data tegangan, arus, daya, frekuensi, dan faktor daya, menggunakan platform IoT yaitu myDevices Cayenne sebagai penampil data pada laptop atau smartphone melalu protokol MQTT Broker selama masih terkoneksi dengan jaringan internet. Pengujian alat terdiri dari pengujian sensor tegangan AC, pengujian sensor arus AC, pengujian koneksi LoRa, pengujian IoT dan pengujian sistem keseluruhan. Dari hasil pengujian yang didapatkan sensor tegangan AC memiliki keakuratan yang baik dengan nilai % error rata – rata sebesar 0.30% untuk sensor 1 tegangan AC PJU 1, 0.17% untuk sensor 2 tegangan AC PJU 2 dan sensor arus AC sebesar 1.22% untuk sensor 1 arus AC PJU 1, 1.41% untuk sensor 2 arus AC PJU 2. Kemudian koneksi LoRa dari jarak 100 m sampai 1000 m untuk penggujian line of sight, data LoRa pengirim masih bisa diterima oleh LoRa penerima sedangkan penggujian koneksi LoRa non line of sight dengan 10 titik lokasi yang berbeda, LoRa penerima masih bisa menerima data dari LoRa pengirim, namun delay waktu pengiriman data terbilang lama.Untuk penggujian IoT dengan menggunakan platform IoT myDevices Cayenne data dapat ditampilkan dan dikontrol. Kemudian pada pengujian sistem keseluruhan bahwa sistem yang dibuat telah mampu memonitor dan mengontrol penerangan jalan umum melalui laptop atau smartphone dengan jaringan komunikasi LoRa selama terhubung dengan internet.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : LoRa, IoT, penerangan jalan umun, sistem monitoring, sistem kontrol
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Jun 2021 23:45
Last Modified: 23 Jun 2021 23:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22366

Actions (login required)

View Item View Item