Efektivitas Pemanfaatan Bantuan Langsung Tunai Desa (BLT-Desa) Terhadap Pemulihan Kondisi Ekonomi Sosial Masyarakat Akibat Pandemi Covid-19 di Desa Waringin Kecamatan Suralaga Kabupaten Lombok Timur

SITI ILHAMI FATMAHANDAYANI, SITI ILHAMI FATMAHANDAYANI (2021) Efektivitas Pemanfaatan Bantuan Langsung Tunai Desa (BLT-Desa) Terhadap Pemulihan Kondisi Ekonomi Sosial Masyarakat Akibat Pandemi Covid-19 di Desa Waringin Kecamatan Suralaga Kabupaten Lombok Timur. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skipsi Siti Ilhami Fatmahandayani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 berdampak pada kondisi sosial ekonomi masyarakat yang mengalami kelumpuhan. Mulai dari kondisi sosial masyarakat yang selalu saling mencurigai satu dengan yang lain akibat takut tertular covid-19, adanya disorganisasi dan disfungsi terjadi dalam kondisi sosial masyarakat di Indonesia. Selain itu, kondisi ekonomi pun terkena dampak mulai dari tingkat pengangguran dan kemiskinan meningkat, tingkat masyarakat yang di PHK dari pekerjaannya meningkat, tingginya angka kriminalitas yang terjadi akibat perekonomian masyarakat dan negara mengalami penurunan akibat pandemi covid-19.Penelitian ini di latar belakangi karena adanya kondisi covid-19 dan memberikan dampak bagi aspek sosial ekonomi masyarakat salah satunya di Desa Waringin Kecamatan Suralaga. Masyarakat di Desa Waringin menanggapi kondisi covid-19 dengan tetap dapat menjalankan aktivitas sosial ekonominya dengan baik walaupun tidak secara maksimal dan dibantu dengan bantuan sosial yaitu BLT-Desa Desa. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan dana BLT-Desa sebelum dan ketika pandemi covid-19 terhadap pemulihan kondisi ekonomi sosial di Desa Waringin Kecamatan Suralaga Kabupaten Lombok Timur, untuk mengetahui tujuan masyarakat dalam memanfaatkan dana BLT-Desa dan untuk mengetahui kesesuaian kriteria peraturan pemerintah dengan masyarakat Desa Waringin sebagai calon penerima dana BLT-Desa terhadap pemulihan kondisi ekonomi sosial. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif survei dengan pengumpulan data melalui observasi, kuesioner dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh yaitu: Pertama, Penggunaan dana BLT-Desa pada masyarakat di Desa Waringin yaitu sudah efektif, berdasarkan hasil penelitian terdapat 60,1% responden yang menggunakan Dana BLT-Desa dengan sangat efektif sebelum pandemi covid-19 dan terdapat 70.0% responden yang menggunakan dana BLT- Desa sangat efektif ketika pandemi covid-19; Kedua, berdasarkan hasil penelitian terdapat 60,8% responden yang menunjukkan bahwa tujuan masyarakat dalam memanfaatkan BLT-Desa juga jelas yaitu untuk membuka usaha sebagai bentuk pengembangan dana yang diberikan; Ketiga, masyarakat di Desa Waringin yang mendapatkan BLT-Desa sudah sesuai kriteria. Artinya, masyarakat yang menerima dana BLT-Desa tepat sasaran. Hasil penelitian menunjukkan 93,7% responden masyarakat penerima dana BLT-Desa masuk dalam kategori tepat sasaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Efektivitas, BLT-Desa, covid-19, pemulihan ekonomi sosial.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 23 Jun 2021 23:45
Last Modified: 23 Jun 2021 23:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22372

Actions (login required)

View Item View Item