PERBANDINGAN METODE DIGESTI DAN DESTILASI UNTUK PELACAKAN SENYAWA VOLATIL PADA GUBAL GAHARU (Gyrinops versteegii (Gilg.) Domke) PAKULASI

AHMAD, TEGUH RIADY (2021) PERBANDINGAN METODE DIGESTI DAN DESTILASI UNTUK PELACAKAN SENYAWA VOLATIL PADA GUBAL GAHARU (Gyrinops versteegii (Gilg.) Domke) PAKULASI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Gubal gaharu merupakan sejenis resin yang terbentuk dan dihasilkan oleh tanaman gaharu. Pembentukan gubal gaharu dapat terjadi dengan dua proses yaitu secara alami dan inokulasi. Pemakuan tanaman merupakan salah satu teknik inokulasi untuk melukai tanaman guna memperoleh gubal gaharu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan metode digesti dan destilasi dalam pelacakan senyawa volatil pada gubal gaharu (Gyrinops versteegii (Gilg.) Domke). Ekstraksi dilakukan menggunakan pelarut metanol dengan metode digesti dan destilasi dengan variasi suhu dan waktu. Digesti dilakukan pada suhu 50 °C selama 180 menit sedangkan destilasi dilakukan pada suhu 80 °C selama 60 dan 120 menit. Ekstrak metanol yang dihasilkan dari kedua metode tersebut kemudian dianalisis menggunakan Gass Chromatography Mass Spectrometry (GC-MS) dengan program suhu awal injeksi sebesar 40 °C selama 10 menit kemudian ditingkatkan menjadi 260 °C selama 15 menit. Hasil analisis GC-MS menunjukan bahwa komponen senyawa volatil tidak teridentifikasi baik pada metode digesti dan destilasi. Adapun komponen senyawa utama yang teridentifikasi adalah kromon. Kromon adalah salah satu senyawa utama yang bertanggung jawab terhadap aroma gubal gaharu, senyawa tersebut hanya teridentifikasi pada ektrak metanol dengan metode digesti. Senyawa turunan kromon yang diperoleh pada penelitian ini dikenal dengan nama 8-metoksi-2-(2- feniletill)kromon-4-on dengan persen area sebesar 1,75 %, waktu retensi pada 21,490 menit dan similarity indeks (SI) sebesar 84.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : gubal gaharu, senyawa volatil, digesti, destilasi, GC-MS.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 24 Jun 2021 02:17
Last Modified: 24 Jun 2021 02:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22384

Actions (login required)

View Item View Item