PERLINDUNGAN HAK CIPTA TERHADAP MOTIF KAIN TENUN SONGKET KHAS LOMBOK ( Studi Di Desa Sukarare Kecamatan Jonggat Lombok Tengah )

WENI, INDRAWATI (2021) PERLINDUNGAN HAK CIPTA TERHADAP MOTIF KAIN TENUN SONGKET KHAS LOMBOK ( Studi Di Desa Sukarare Kecamatan Jonggat Lombok Tengah ). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
WENI INDRAWATI 2021 FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penulis ialah Untuk mengetahui mekanisme pendaftaran pembuatan Hak Cipta motif kain tenun songket khas Lombokdan Untuk mengetahui dan analisis perlindungan hukum terhadap Hak Cipta motif kain tenun songket khas lombok menurut Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normative. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Pasal 40 Undang-Undang nomor 28 Tahun 2014 dan Pasal 58 Undang- Undang Nomor 28 Tahun 2014 memiliki kaitan erat dengan jaminan, kaitan tersebut dapat dilihat pada bidang ilmu pengetahuan, seni, dan sastra yang memiliki nilai ekonomis dan moral. Nilai ekonomis berkaitan dengan asas operasional yang merupakan asas yang digunakan dalam perlaksanaan pembebanan jaminan. Karya seni merupakan faktor pendukung ekonomi kreatif dimana hasil dari karya seni tersebut haruslah dapat perlindungan hukum yang dikenal sebagai produk hukum Undang-Undang Hak Cipta. Hak cipta tidak hanya harus dilindungi tetapi juga harus dapat mensejahterakan pencipta, dengan cara ciptaan yang dapat dijaminkan dalam pemberian kredit sebagai pemenuhan kebutuhan dan bagaimana saat ini pemerintah melibatkan stekholder-stekholder terkait seperti Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Perindusturian, LSM dan mensosialisasikan dalam bentuk program-program yang dapat dirasakan keberadaannya oleh masyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Kerajinan tenun songket, Hak Cipta.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 Jun 2021 01:32
Last Modified: 28 Jun 2021 01:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22390

Actions (login required)

View Item View Item