JUMLAH KADAR PROTEIN, KADAR AIR, DAN KADAR LEMAK POLEN LEBAH Trigona sp. PADA KETINGGIAN YANG BERBEDA DI DAERAH LOMBOK TENGAH

YULI, ASTUTI (2021) JUMLAH KADAR PROTEIN, KADAR AIR, DAN KADAR LEMAK POLEN LEBAH Trigona sp. PADA KETINGGIAN YANG BERBEDA DI DAERAH LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI YULI ASTUTI NIM. B1D016312.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (731kB)

Abstract

Lebah madu Trigona sp adalah salah satu spesies lebah penghasil madu yang masuk dalam family meliponidae yakini tida memiliki sengat. Tujuan penelitian untuk mengetahui jenis tanaman pakan lebah dan kandungan jumlah kadar protein, kadar air dan kadar lemak polen lebah Trigona sp yang terdapat pada lokasi dan ketinggian yang berbeda. Polen adalah sumber protein untuk lebah yang befungsi sebagai pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Pengambilan sampel telah dilaksanakan di tiga desa yaitu desa Aik Berik, desa Mekar Bersatu dan desa Sintung di daerah Lombok Tengah. Analisi sampel polen dilaksaakan di Laboraturium Nutrisi Fakultas Peternakan Universitas Mataram. Penelitian ini berlangsung selama satu bulan yang dimulai dari bulan juli. Variable yang diamati adalah jenis tanaman pakan lebah dan analisi kadar protei, kadar air, dan kadar lemak. Hasil penelitian menunjukan bahawa jenis tanaman pakan lebah dan kandungan polen lebah madu trigona sp dari setiap pengambilan sampel memiliki perbedaan. Kadar protein dan kadar air yang tertinggi terdapat di desa Aik berik, sedangkan kadar lemak yang paling tinggi terdapat di desa Mekar Bersatu.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Lebah madu Trigona sp, polen, kadar protein, kadar air dan kadar lemak
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Jun 2021 01:17
Last Modified: 29 Jun 2021 01:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22409

Actions (login required)

View Item View Item