PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI POKOK SEGITIGA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII.E SMP NEGERI 2 KURIPAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

OKTAVIA, ROSITA (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI POKOK SEGITIGA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII.E SMP NEGERI 2 KURIPAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ROSITA OKTAVIA (E1R 113 065).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan prestasi belajar siswa di kelas VII.E SMP Negeri 2 Kuripan. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran yang digunakan tidak memberikan kesempatan kepada siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga siswa kesulitan dalam memahami konsep pembelajaran matematika. Oleh sebab itu, dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa di kelas VII.E SMP Negeri 2 Kuripan tahun pelajaran 2016/2017 dalam pembelajaran matematika pada materi pokok segitiga. Salah satu model pembelajaran yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dimana masing-masing siklus dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan yaitu 2 pertemuan untuk membahas materi dan 1 pertemuan untuk evaluasi belajar siswa. Adapun tahapan yang akan dilaksanakan pada setiap siklus yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Pelaksanaan tindakan pada penelitian ini yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Data aktivitas belajar siswa didapatkan melalui observasi dan data prestasi belajar siswa didapatkan dari kegiatan evaluasi yang dilakukan pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor aktivitas belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 adalah 12,66 dan pertemuan 2 adalah 12,99 dengan kategori aktif. Kemudian skor aktivitas siswa pada siklus II pertemuan 1 adalah 14,64 dan pertemuan 2 adalah 15,30 dengan kategori sangat aktif. Sedangkan untuk prestasi belajar siswa diperoleh, pada evaluasi belajar siklus I rata-rata nilai siswa adalah 61,10 dengan ketuntasan klasikal 70,98%. Kemudian pada siklus II, rata-rata nilai evaluasi belajar siswa sebesar 80,77 dengan ketuntasan klasikal 87,10%. Dengan demikian, hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi pokok segitiga dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VII.E SMP Negeri 2 Kuripan tahun pelajaran 2016/2017

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar, Segitiga.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 10 Apr 2018 01:05
Last Modified: 10 Apr 2018 01:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/2252

Actions (login required)

View Item View Item