Strategi Komunikasi Pemasaran pada Depo Jaya Bangunan (Studi Deskriptif Kualitatif pada Perusahaan Depo Jaya Bangunan Mataram Lombok)

Sandini, Shoji Duwi (2021) Strategi Komunikasi Pemasaran pada Depo Jaya Bangunan (Studi Deskriptif Kualitatif pada Perusahaan Depo Jaya Bangunan Mataram Lombok). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
(SKRIPSI) SHOJI DUWI SANDINI (L1B017106) Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Depo Jaya Bangunan.docx

Download (12MB)

Abstract

Shoji Duwi Sandini. Strategi Komunikasi Pemasaran pada Depo Jaya Bangunan (Studi Deskriptif Kualitatif pada Perusahaan Depo Jaya Bangunan Mataram Lombok). Dibimbing oleh Dian Lestari Miharja, SP., MA dan Baiq Vira Safitri, S. Ikom., M. Ikom. Pelaku usaha membutuhkan strategi komunikasi dalam menjalankan aktivitas pemasarannya, sehingga dalam hal ini pelaku usaha atau perusahaan perlu untuk membentuk strategi komunikasi pemasaran. Seperti halnya Depo Jaya Bangunan yang merupakan salah satu toko bahan bangunan berskala supermarket yang menawarkan berbagai macam produk dan perlengkapan rumah satu atap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Depo Jaya Bangunan dalam memasarkan produk-produknya dan kendala yang dihadapi oleh Depo Jaya Bangunan dalam menerapkan komunikasi pemasaran pada aktivitas pemasarannya. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, teknik analisis data menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Depo Jaya Bangunan dalam menjalankan aktivitas pemasarannya menggunakan strategi komunikasi pemasaran terpadu atau Integrated Marketing Communications (IMC). Dengan menggunakan konsep komunikasi pemasaran terpadu menurut Morissan (2010), yang menyebutkan bahwa strategi komunikasi pemasaran terpadu terdiri dari 6 (enam elemen yaitu, Media Periklanan (Advertising), Pemasaran Langsung (Direct Marketing), Pemasaran Interaktif (Interactive Marketing), Promosi Penjualan (Sales Promotion), Hubungan Masyarakat (Public Relations), dan Penjualan Personal (Personal Selling). Kendala yang dihadapi Depo Jaya Bangunan dalam menjalankan strategi komunikasi pemasarannya adalah pandemi Covid-19 yang menyebabkan beberapa program/event tidak terlaksana dan penyampaian informasi menurun.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Strategi Komunikasi, Komunikasi Pemasaran, Depo Jaya Bangunan, Marketing.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: Shoji Duwi Sandini
Date Deposited: 19 Jul 2021 02:21
Last Modified: 19 Jul 2021 02:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22660

Actions (login required)

View Item View Item