PENGEMBANGAN METODE MENDONGENG MENGGUNAKAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK KELOMPOK B DI TK RINJANI UNRAM TAHUN PELAJARAN 2020/2021

YUNDIA, PRATIWI NENGSI (2021) PENGEMBANGAN METODE MENDONGENG MENGGUNAKAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK KELOMPOK B DI TK RINJANI UNRAM TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_yundia pratiwi nengsi_E1F017085.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan metode mendongeng menggunakan multimedia untuk meningkatkan kemampuan bahasa khusunya keterampilan menyimak dan berbicara pada anak kelompok B di TK Rinjani Unram tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan, dengan tiga tahap pengembangan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan analisis pengembangan. Subjek penelitian ini yaitu anak kelompok B berjumlah 10 anak. metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakuakan secara kualitatif. Pengembangan metode mendongeng menggunakan multimedia untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak kelompok B dilakukan dengan langkah- langkah seperti (1) tahap persiapan, (2) tahap pembukaan, (3) tahap pelaksanaan proses menonton dongeng (4) tahap selah menonton dongeng. Hasil penelitian yang didapatkan oleh peneliti pada tahap pengembang I diperoleh hasil rata-rata capain 40,16%, pada tahap pengembangan II diperoleh hasil rata-rata 62,66% dan pada tahap pengembangan III capain perkembangan kemampuan bahasa pada anak ukelompok B mencapai 88,33%. Kesimpulannnya, bahwa kemampuan bahasa khususnya kemampuan menyimak dan berbicara pada anak kelompok B di TK Rinjani Unram dapat meningkat melalui pengembangan metode mendongeng menggunakan multimedia yang dilaksakan secara berulang-ulang dengan selalu melakukan perbaikan pada setiap tahap pengembangan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Metode mendongeng, Kemampuan bahasa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 Jul 2021 06:32
Last Modified: 22 Jul 2021 06:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22714

Actions (login required)

View Item View Item