KARYA TULIS ILMIAH HUBUNGAN ADIKSI SMARTPHONE DENGAN KECEMASAN SOSIAL PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS MATARAM

Cahya, Saniya Laura (2021) KARYA TULIS ILMIAH HUBUNGAN ADIKSI SMARTPHONE DENGAN KECEMASAN SOSIAL PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KARYA TULIS ILMIAH_cahya saniya laura.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang : Smartphone adalah alat komunikasi yang mudah dan cepat yang dapat digunakan untuk mendapatkan suatu informasi, tetapi banyak pengguna yang menggunakan smartphone secara berlebihan sehingga hal tersebut dapat menyebabkan seseorang menjadi adiksi. Masalah yang ditimbulkan adiksi dapat berpengaruhi terhadap kesehatan seperti gangguan kualitas tidur dan gangguan psikoligis seperti kecemasan. Salah satu gangguan kecemasan yang dapat ditimbukan berupa gangguan kecemasan sosial seperti timbulnya rasa takut dan penarikan diri dari situasi yang merasa bahwa dirinya dievaluasi negatif dan diawasi oleh orang lain. Kecenderungan seseorang mengalami kecemasan sosial salah satunya dapat dipengaruhi oleh adiksi smartphone. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan metode cross-sectional pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Mataram. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Non Probability Consecutive Sampling. Data dari responden diperoleh dengan pengisian kuesioner dalam bentuk Google Form. Penelitian ini menggunakan uji Sommer’s. Hasil : Total subjek penelitian adalah 110 orang. Dari keseluruhan total subjek didapatkan hasil yang menunjukkan bahwa responden dengan adiksi smartphone terbanyak pada tingkat sedang sebesar 44,5%, dimana responden perempuan merupakan penderita paling banyak. Kemudian responden dengan kecemasan sosial terbanyak mengalami kecemasan sosial tingkat tinggi sebesar 73,6% yang didominasi oleh perempuan. Hasil uji korelasi Somer’s didapatkan nilai p = 0,001<0,05. Hal ini menunjukkan terdapat hubungan antar kedua variabel signifikan secara statistik. Kesimpulan : Penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara adiksi smartphone dengan kecemasan sosial.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Adiksi smartphone, kecemasan sosial, mahasiswa kedokteran.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 Jul 2021 07:01
Last Modified: 22 Jul 2021 07:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22719

Actions (login required)

View Item View Item