KONTRIBUSI PENDAPATAN BURUH TANI WANITA TERHADAP PENDAPATAN RUMAH TANGGA PETANI DI KECAMATAN MONTONG GADING KABUPATEN LOMBOK TIMUR

WAHYUNI, FARAHIN (2021) KONTRIBUSI PENDAPATAN BURUH TANI WANITA TERHADAP PENDAPATAN RUMAH TANGGA PETANI DI KECAMATAN MONTONG GADING KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
S_WAHYUNI FARAHIN_KONTRIBUSI PENDAPATAN BURUH TANI WANITA TERHADAP PENDAPATAN RUMAH TANGGA PETANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui pendapatan buruh tani wanita di Kecamatan Montong Gading Kabupaten Lombok Timur (2) Mengetahui kontribusi pendapatan buruh tani wanita terhadap pendapatan rumah tangga petani di Kecamatan Montong Gading (3) Mengetahui waktu yang dialokasikan untuk kegiatan buruh tani wanita di Kecamatan Montong Gading Kabupaten Lombok Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Pemilihan daerah penelitian ini ditentukan secara purposive Sampling yaitu Desa Pringgajurang Utara, Desa Pesanggrahan dan Desa Jenggik Utara. Jumlah responden ditentukan secara quote sampling yakni sebanyak 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Rata-rata pendapatan dari buruh tani wanita di kecamatan montong gading sebesar Rp 2.691.798 per tahun (2) Besar kontribusi pendapatan buruh tani wanita terhadap pendapatan keluarga petani yaitu sebesar 49 %, dan (3) Waktu yang dialokasikan responden buruh tani wanita untuk kegiatan buruh tani di Kecamatan Montong Gading Kabupaten Lombok Timur tahun 2020 yaitu rata-rata sebesar 7-8 jam per hari, rata-rata 3 hari dalam seminggu dan rata-rata 14 hari (2 minggu) dalam satu kali musim tanam dan dalam satu tahun (3 kali musim tanam) rara-rata sekitar 42 hari atau sama dengan 1,3 bulan, akan tetapi hal ini bergantung pada jenis pekerjaan yang mereka kerjakan dan luas lahan tempat mereka bekerja.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kontribusi, Pendapatan keluarga, buruh tani wanita
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Jul 2021 03:00
Last Modified: 26 Jul 2021 03:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22790

Actions (login required)

View Item View Item