KOMUNIKASI INTERPERSONAL KONSELOR ADIKSI DALAM REHABILITASI PECANDU NARKOBA DI BADAN NARKOTIKA NASIONAL PROVINSI NTB

FITRIYANI, SRISANJAYA (2021) KOMUNIKASI INTERPERSONAL KONSELOR ADIKSI DALAM REHABILITASI PECANDU NARKOBA DI BADAN NARKOTIKA NASIONAL PROVINSI NTB. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pertumbuhan narkoba di Indonesia hampir tidak bisa dibendung karena semakin maraknya kasus penyalahguna narkoba. Tidak terkecuali di Provinsi NTB juga menjadi ladang praktik penggunaan dan peredaran narkoba. Salah satu upaya penanganannya dengan didirikan pusat-pusat rehabilitasi, yaitu Badan Narkotika Nasional Provinsi NTB. Sebagai lembaga rehabilitasi tentu di dalamnya terdapat konselor yang membantu dalam proses rehabilitasi korban pecandu narkoba. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana proses komunikasi interpersonal konselor adiksi dalam rehabilitasi pecandu narkoba di BNNP NTB. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adanya keinginan berkomunikasi dari konselor selaku inisiator dan klien pecandu narkoba yang datang secara sukarela maupun limpahan polda yang berbeda dalam hal motivasi keinginan berkomunikasi. Adanya encoding oleh konselor dalam mendesain pesan sesuai latar belakang pecandu dan decoding pesan oleh pecandu yang akan dikirimkam kepada konselor. Pengiriman pesan pun harus di desain, setingan ruangan yang nyaman, penggunaan bahasa verbal dan noverbal disesuaikan kondisi mental pecandu. Kemudian proses komunikasi interpersonal menjadi siklus timbal balik antara keduanya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Konselor Adiksi, Rehabilitasi, Pecandu Narkoba, Penetrasi Sosial.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Jul 2021 06:02
Last Modified: 27 Jul 2021 06:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22898

Actions (login required)

View Item View Item