ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI MATRIKS PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 GERUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

HERNAWATI, HERAWATI (2018) ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI MATRIKS PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 GERUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesalahan yang dilakukan siswa XI IPS SMA Negeri 2 Gerung tahun pelajaran 2017/2018 dalam menyelesaikan soal-soal matriks jika ditinjau berdasarkan letak dan jenisnya. Data diambil dari jawaban siswa yang diperoleh dari hasil tes materi matriks. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas XI IPS SMA Negeri 2 Gerung yang berjumlah 45 orang siswa. Karena jumlah populasi kurang dari 100 maka pengambilan sampel pada penelitian ini merupakan penelitian populasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah merekapitulasi (mengoreksi) hasil tes, mengidentifikasi kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal yang diberikan sesuai dengan indikator letak dan jenis kesalahan dan menghitung jumlah presentase indikator setiap letak dan jenis kesalahan. Dari data yang diperoleh berdasarkan analisis jawaban siswa menunjukan bahwa Letak kesalahan yang dilakukan siswa adalah reading errors (R) 77.14%, comprehension errors (C) 35.24%, transformation errors (T) 22.86%, process skill errors (P) 63.57% dan encoding errors (E) 41.43% untuk kelas XI IPS 1 dan reading errors (R) 63,00%, comprehension errors (C) 30,80%, transformation errors (T) 21,33%, process skill errors (P) 62,75% dan encoding errors (E) 38,75% untuk kelas XI IPS 2. Sedangkan jenis kesalahan yang dilakukan siswa adalah kesalahan fakta (F) 36,46%, kesalahan konsep (K) 21,27%, kesalahan operasi (O) 44,13%, dan kesalahan prinsip (P) 41,59% untuk kelas XI IPS 1 dan kesalahan fakta (F) 34,43%, kesalahan konsep (K) 21,33%, kesalahan operasi (O) 48,67%, dan kesalahan prinsip (P) 38,33% untuk kelas XI IPS 2.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Analisis kesalahan, kesalahan dalam menyelesaikan soal matriks.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 10 Apr 2018 06:01
Last Modified: 10 Apr 2018 06:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/2292

Actions (login required)

View Item View Item