INVESTIGASI JARINGAN EPIDERMIS DAUN PADA MARGA GYRINOPS (THYMELAEACEAE) DI KAWASAN INDONESIA SEBELAH TIMUR GARIS WALLACE

VIA, FEBRIANTI (2021) INVESTIGASI JARINGAN EPIDERMIS DAUN PADA MARGA GYRINOPS (THYMELAEACEAE) DI KAWASAN INDONESIA SEBELAH TIMUR GARIS WALLACE. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
2021 SKRIPSI VIA FEBRIANTI (G1A017064) JARINGAN EPIDERMIS DAUN PADA MARGA GYRINOPS (THYMELAEACEAE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Gyrinops merupakan salah satu marga dari suku Thymelaeaceae yang mempunyai persebaran di Kawasan Indonesia Tengah dan Timur. Kawasan tersebut merupakan kawasan yang berada di sebelah timur garis Wallace. Karakter anatomi jaringan epidermis merupakan salah satu karakter penting yang dimiliki oleh tanaman dan dapat dijadikan sebagai data untuk keperluan identifikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakter jaringan epidermis daun (adaksial, abaksial, kerapatan sel epidermis, bentuk sel epidermis, ukuran sel epidermis, tipe trikoma), dan karakteristik stomata (kedudukan stomata, tipe stomata, ukuran stomata, kerapatan stomata) pada marga Gyrinops di Kawasan Wallacea. Penelitian ini bersifat deskriptif eksploratif dan dilaksanakan pada Maret-Mei 2021 di Laboratorium Biologi Lanjut 3.4, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Mataram. Spesimen daun marga Gyrinops yang digunakan merupakan koleksi dari Pusat Kajian Gaharu FMIPA Universitas Mataram. Metode pengirisan paradermal menggunakan metode utuh (whole mount) dengan proses pembuatan sediaan menggunakan metode permanen dan penutupan menggunakan gliserin-jeli serta metode segar untuk irisan melintang, menggunakan hand free section. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa anatomi jaringan epidermis pada marga Gyrinops memiliki perbedaan pada tipe stomata, ukuran stomata, kerapatan stomata, frekuensi stomata, bentuk epidermis dan ukuran epidermis. Karakter umum Gyrinops antara lain: daun termasuk hipostomatik, panerofor dengan tipe stomata anomositik, siklositik dan parasitik dengan variasi jumlah sel tetangga, epidermis berbentuk polygonal, pinggiran epidermis umumnya lurus, tetapi ada beberapa spesies yang bergelombang – berlekuk, dinding sel umumnya tidak mengalami penebalan dinding antiklinal kecuali pada beberapa spesies seperti yang terdapat pada Gyrinops caudata, G. ledermannii, dan G. salicifolia, trikoma non-glandular, uniseluler, dan berbentuk jarum-silindris.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Gaharu, Gyrinops, Jaringan Epidermis, Stomata, Garis Wallace.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Aug 2021 00:37
Last Modified: 05 Aug 2021 00:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22985

Actions (login required)

View Item View Item