PERAN PASUKAN PERDAMAIAN INDONESIA MELALUI DEWAN KEAMANAN PBB DALAM MELINDUNGI WARGA SIPIL PADA KONFLIK KONGO 2018-2020

MANISA, MEYDIANA PUTRI (2021) PERAN PASUKAN PERDAMAIAN INDONESIA MELALUI DEWAN KEAMANAN PBB DALAM MELINDUNGI WARGA SIPIL PADA KONFLIK KONGO 2018-2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI - MANISA MEYDIANA PUTRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk melakukan eskplorasi terkait dengan keterlibatan pasukan perdamaian Indonesia dalam operasi perdamaian PBB. Lebih fokus lagi tulisan ini pada hakikatnya ingin melihat sejauh mana peran pasukan perdamaian Indonesia dalam melindungi warga sipil di Kongo melalui Dewan Keamanan PBB lebih tepatnya pada tahun 2018-2020. Penelitian ini menggunakan konsep Peacekeeping operations dan konsep protection of civilian dalam menjawab rumusan permasalahan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat peran pasukan perdamaian Indonesia dalam melindungi warga sipil di Kongo melalui Dewan Keamanan PBB. Beberapa peran dari pasukan perdamaian Indonesia di Kongo yang berfokus pada perlindunagan terhadap warga sipil dari dampak konflik, di wujudkan melalui mandat dewan keamanan PBB dengan berpegang teguh pada prinsip utama peacekeeping operations dan tugas utamanya sebagai bagian dari operasi perdamaian PBB. Selain itu, dalam menjalankan mandat perlindungan terhadap warga sipil di Kongo, pasukan perdamaian Indonesia mewujudkannya melalui beberapa perlindungan yang telah diamanatkan oleh Dewan Keamanan melalui konsep protection of civilian, diantaranya perlindungan melalui dialog dan keterlibatan, memberikan perlindungan fisik dan membentuk lingkungan pelindung. Selain itu, pasukan perdamaian Indonesia juga berperan penting dalam perlindungan Hak Asasi Manusia, Anak-Anak dan memperhatikan perlindungan terhadap gender.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Pasukan Perdamaian Indonesia, Kongo, Perlindungan warga sipil, Pasukan Perdamaian PBB.
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Aug 2021 00:37
Last Modified: 05 Aug 2021 00:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22987

Actions (login required)

View Item View Item