STRATEGI COUNCIL OF PALM OIL PRODUCING COUNTRIES DALAM MELINDUNGI EKSPOR KOMODITAS KELAPA SAWIT NEGARA ANGGOTA DARI ANCAMAN KEBIJAKAN PROTEKSIONIS UNI EROPA

INDRIATI, INDRIATI SAFITRI (2021) STRATEGI COUNCIL OF PALM OIL PRODUCING COUNTRIES DALAM MELINDUNGI EKSPOR KOMODITAS KELAPA SAWIT NEGARA ANGGOTA DARI ANCAMAN KEBIJAKAN PROTEKSIONIS UNI EROPA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI INDRIATI SAFITRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana strategi Counsil Of Palm Oil Producing Countries (CPOPC) dalam mengatasi masalah-masalah pada sektor kelapa sawit yang ditimbulkan akibat adanya kebijakan proteksionis Uni Eropa. Kebijakan UE yang tertuang dalam Renewable Energy Directive II yang memuat tentang penghapusan secara bertahap dalam penggunaan bahan bakar kelapa sawit yang dikategorikan sebagai minyak nabati beresiko tinggi bagi deforestasi dan pengalihfungsian lahan. Hal ini tentunya berdampak cukup signifikan bagi kinerja ekspor dari negara-negara penghasil kelapa sawit. Kelapa sawit menjadi komoditas yang sangat vital bagi keberlangsungan perekonomian global. Dengan demikian jika dihadapkan dengan ancaman-ancaman berupa kebijakan proteksionis, kampanye negatif, dan deskriminasi kelapa sawit menjadi tanggung jawab bersama bagi negarapenghasil kelapa sawit untuk memperjuangkan keberadaan komoditas kelapa sawit di pasar global. Melalui organisasi multilateral dalam hal ini CPOPC dianggap menjadi langkah strategis dalam melakukan upaya diplomasi ekonomi dalam mencapai tujuan bersama dalam menanggulangi ancaman kebijakan RED II UE.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: kebijakan proteksionis, komoditas kelapa sawit, Renewable Energy Directive,diplomasi ekonomi, kampanye negatif, deskriminasi.
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Aug 2021 00:39
Last Modified: 05 Aug 2021 00:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/22997

Actions (login required)

View Item View Item