PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 GUNUNGSARI TAHUN AJARAN 2020/2021

IMELDA, WIGUNA (2021) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 GUNUNGSARI TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Imelda Wiguna_fix_-2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbantuan mind mapping terhadap terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Gunungsari tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimental dengan menggunakan rancangan one group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini ialah seluruh siswa kelas IX. Sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas IX E yang terbagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok 1 sebagai kelas kontrol dan kelompok 2 sebagai kelas eksperimen yang maing-masing berjumlah 13 siswa. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa berupa soal tes uraian. Berdasarkan hasil analis data pretest dan posttest pada kelas eksperimen terlihat bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mengalami peningkatan rata-rata sebesar 27%. Sedangkan hasil analis data pretest dan posttest pada kelas kontrol mengalami peningkatan rata-rata sebesar 9%. Sedangkan berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung < t (0.95) yaitu - 0.063 < 1.771 dengan derajat kebebasan (dk) = 24. Sehingga berdasarkan kriteria penolakan H0, dapat diputuskan bahwa H0 diterima dan dalam hal ini H1ditolak. Oleh karenanya dapat ditarik kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diterapkan model problem based learning berbantuan mind mapping tidak lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran langsung. Dengan kata lain, model problem based learning berbantuan mind mapping tidak berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Gunungsari Tahun Ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Problem Based Learning, Mind Mapping, Kemampuan Pemecahan Masalah, dan Persamaan dan Fungsi Kuadrat.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Aug 2021 07:38
Last Modified: 06 Aug 2021 07:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/23041

Actions (login required)

View Item View Item