ANALISIS MUTU KIMIA, MIKROBIOLOGI DAN ORGANOLEPTIK TEMPE KEDELAI DENGAN PENAMBAHAN TEPUNG UBI JALAR KUNING (Ipomoea batatas L.)

Rias, Ratri Novita (2021) ANALISIS MUTU KIMIA, MIKROBIOLOGI DAN ORGANOLEPTIK TEMPE KEDELAI DENGAN PENAMBAHAN TEPUNG UBI JALAR KUNING (Ipomoea batatas L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Naskah Skripsi Rias Ratri Novita (J1A017086)-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mutu kimia, mikrobiologi dan organoleptik tempe kedelai dengan penambahan tepung ubi jalar kuning (Ipomoea batatas L.). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktor tunggal (konsentrasi tepung ubi jalar kuning: 0%, 2%, 4%, 6%, 8% dan 10%) yang diulang sebanyak 3 kali sehingga diperoleh 18 unit percobaan. Parameter yang dianalisis pada penelitian ini adalah kadar air, kadar abu, kadar protein, total kapang serta organoleptik skoring dan hedonik (kekompakan, tekstur, aroma dan warna) dari tempe kedelai. Data hasil pengamatan dianalisis menggunakan analisis keragaman dengan taraf nyata 5% dengan menggunakan aplikasi Co-Stat. Apabila terdapat beda nyata, dilakukan uji lanjut dengan uji lanjut Polynomial Orthogonal untuk parameter kimia dan parameter mikrobiologi dan uji lanjut Beda Nyata Jujur (BNJ) untuk parameter organoleptik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan tepung ubi jalar kuning 4% merupakan perlakuan terbaik pada proses pembuatan tempe berdasarkan kadar air 62,4978%, kadar abu 1,1526%, kadar protein 18,7257% dan total kapang log 3,27 CFU/g yang sesuai dengan persyaratan mutu tempe kedelai berdasarkan SNI 3144:2009 serta organoleptik yang dapat diterima oleh panelis.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Kedelai, Tempe, Tepung, Ubi Jalar Kuning.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Aug 2021 02:08
Last Modified: 09 Aug 2021 02:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/23066

Actions (login required)

View Item View Item