PERTUMBUHAN DAN HASIL BEBERAPA VARIETAS TANAMAN CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.) YANG DITANAM DI LUAR MUSIM DENGAN PERLAKUAN PUPUK KANDANG.

Ike, Puspasari (2021) PERTUMBUHAN DAN HASIL BEBERAPA VARIETAS TANAMAN CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.) YANG DITANAM DI LUAR MUSIM DENGAN PERLAKUAN PUPUK KANDANG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_IKE PUSPASARI_C1M017053.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Cabai diminati oleh berbagai kalangan sehingga ketersediannya di pasaran harus selalu banyak agar mencukupi kebutuhan masyarakat. Pada waktu tertentu, harga cabai mengalami fluktuasi sehingga perlu diupayakan budidaya yang dapat berlangsung sepanjang tahun melalui budidaya di luar musim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pupuk kandang dengan perlakuan decomposer BeKa terhadap pertumbuhan dan hasil beberapa varietas cabai yang ditanam di luar musim di lahan kering. Satu percobaan dilakukan pada musim penghujan tahun 2020/2021 di desa Gumantar, kecamatan Kayangan, kabupaten Lombok Utara. Percobaan dilakukan menggunakan Rancangan Petak Terbagi tiga ulangan dengan pupuk kandang sebagai petak utama dan varietas sebagai anak petak. Pupuk kandang memiliki dua aras, dengan dan tanpa pupuk kandang. Sementara varietas memiliki tiga aras, yaitu Dewata 43, Pelita dan Zahra. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pupuk kandang dan varietas berinteraksi dalam mempengaruhi persentase bunga gugur dan jumlah buah per tanaman. Persentase bunga yang gugur terendah dan jumlah buah tertinggi dihasilkan oleh varietas Dewata 43 yang diperlakuan dengan pupuk kandang. Varietas Dewata 43 lebih pendek dari varietas Zahra dan Pelita namun memiliki komponen hasil yang lebih tinggi. Sementara itu, perlakuan pupuk kandang menghasilkan pertumbuhan dan hasil yang lebih baik dari perlakuan tanpa pupuk kandang. Untuk memperoleh hasil cabai yang tinggi di luar musim di lahan kering, disarankan untuk menanam varietas Dewata 43 dengan perlakuan pupuk kandang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : buah, bunga, gugur bunga, curah hujan, lahan kering.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 12 Aug 2021 01:48
Last Modified: 12 Aug 2021 01:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/23178

Actions (login required)

View Item View Item