OBSERVASI KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN PADA KAWASAN TAMAN WISATA ALAM GUNUNG TUNAK BERDASARKAN PENGARUH CITRA DESTINASI, PRODUK WISATA, DAN EWOM

Athar, Handry Sudiartha (2021) OBSERVASI KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN PADA KAWASAN TAMAN WISATA ALAM GUNUNG TUNAK BERDASARKAN PENGARUH CITRA DESTINASI, PRODUK WISATA, DAN EWOM. Jurnal Magister Manajemen (JMM), 10 (1a). pp. 33-42. ISSN Print ISSN: 2621-7902, Online ISSN: 2548-3919

[img]
Preview
Text
B30-620-1725-1-PB.pdf

Download (898kB) | Preview
Official URL: http://jmm.unram.ac.id/index.php/jurnal/article/vi...

Abstract

Taman Wisata Alam Gunung Tunak is located in Mertak Village, Pujut, Central Lombok, West Nusa Tenggara. Taman Wisata Alam Gunung Tunak has various potential tourist objects. This study aims to explain the influence of tourism products and electronic word of mouth on the decision to visit with destination images as a mediating variable in Gunung Tunak Nature Park. This research is a causal and associative research through a quantitative approach. The population in this study are visitors who visit the Taman Wisata Alam Gunung Tunak. The sample used in this study were 109 respondents with accidental sampling method. Based on the results of the analysis of the influence of tourism products and e-WOM on visiting decisions, it is concluded that the variables of tourism products and e-WOM have a significant positive effect on the variable of tourist decisions to visit in Taman Wisata Alam Gunung Tunak. Then the tourism product variables and e-WOM have a positive effect on the image of the destination, and the variable of destination image has a positive effect on the decision to visit. In addition, the variable of destination ctra also partially mediates the effect of wsata and e-WOM products on the decision to visit tourists. Taman Wisata Alam Gunung Tunak berlokasi di Desa Mertak, Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Taman wisata alam gunung tunak memiliki potensi objek wisata yang beragam. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh produk wisata dan electronic word of mouth terhadap keputusan berkunjung dengan citra destinasi sebagai variabel mediasi di Taman Wisata Alam Gunung Tunak. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kausal dan asosiatif melalui pendekatan kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung yang berkunjung ke Taman Wisata Alam Gunung Tunak. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 109 Respoonden dengan metode accidental sampling. Berdasarkan hasil analisis pengaruh produk wisata dan e-WOM terhadap keputusan berkunjung, disimpulkan bahwa variabel produk wisata dan e-WOM berpengaruh positif signifikan terhadap variabel keputusan berkunjung wisatawan di Taman Wisata Alam Gunung Tunak. Kemudian variabel produk wisata dan eWOM berpengaruh positif terhadap citra destinasi, dan variabel citra destinasi berpengaruh positif terhadap keputusan berkunjung. Selain itu, variabel ctra destinasi juga memediasi secara parsial pengaruh produk wsata dan e-WOM terhadap keputusan berkunjung wisatawan.

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): Tourism Product, Electronic Word of Mouth, Destination Image, and Visit Decision
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Dr Handry Sudiartha Athar,.MM
Date Deposited: 13 Aug 2021 10:13
Last Modified: 13 Aug 2021 10:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/23227

Actions (login required)

View Item View Item