IDENTIFIKASI KESALAHAN SISWA KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI BENTUK ALJABAR DI SMP NEGERI 8 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2017/2018

YAHYA, M MA’SUM (2018) IDENTIFIKASI KESALAHAN SISWA KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI BENTUK ALJABAR DI SMP NEGERI 8 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI (M. Ma'sum Yahya).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan siswa kelas VII SMP Negeri 8 Mataram tahun pelajaran 2017/2018 dalam menyelesaikan soal bentuk aljabar yang ditinjau berdasarkan letak dan jenisnya serta mencari pola letak dan jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal bentuk aljabar berdasarkan peringkat kemampuan siswa dan indikator materi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif jenis ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 8 Mataram yang berjumlah 167 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling dan diambil sebanyak 20% dari populasi yaitu 33 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang dominan dilakukan siswa jika ditinjau berdasarkan letaknya terjadi pada transformation errors dengan persentasi kesalahan sebesar 40,97% dan jika ditinjau berdasarkan jenisnya terjadi pada kesalahan konsep dengan persentase kesalahan sebesar 41,64%. Serta jika dilihat berdasarkan peringkat kemampuan siswa kesalahan dominan dilakukan oleh siswa yang berkemampuan rendah. Jika ditinjau berdasarkan letaknya kesalahan terjadi pada transformation errors dengan persentase kesalahan 53,70% sedangkan jika ditinjau berdasarkan jenisnya kesalahan dominan pada operasi dengan persentase kesalahan 57,87%. Lebih lanjut, jika dilihat berdasarkan indikator materi siswa banyak melakukan kesalahan pada indikator menyederhanakan bentuk aljabar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): identifikasi kesalahan, kesalahan dalam menyelesaikan soal bentuk aljabar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 11 Apr 2018 02:20
Last Modified: 11 Apr 2018 02:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/2330

Actions (login required)

View Item View Item