PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 2 KURIPAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

HADIANSYAH, ROZI (2018) PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII B SMP NEGERI 2 KURIPAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
(1) SKRIPSI-min.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Kuripan tahun pelajaran 2017/2018 pada materi relasi dan fungsi. Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dipilih sebagai solusi dikarenakan dapat mengaitkan materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa agar siswa termotivasi untuk membuat hubungan antara pengetahuan yang telah dimiliknya sehingga pembelajaran lebih bermakna dan dapat berdampak pada aktivitas dan prestasi belajar siswa. Dalam pelaksanaanya penelitian ini dibagi dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri beberapa tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah data hasil observasi aktivitas siswa dan guru yang diambil dengan menggunakan lembar observasi yang dilakukan pada tiap pertemuan, sedangkan data prestasi siswa diperoleh dengan member tes evaluasi tiap akhir siklus. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh rata-rata skor aktivitas siswa yaitu 9,73 dengan kategori aktif dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata skor yaitu 13 dengan kategori sangat aktif. Prestasi siswa pada siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 88,46% dan pada siklus II meningkat menjadi 96,15%. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Kuripan pada materi relasi dan fungsi tahun pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): aktivitas belajar, prestasi belajar, relasi dan fungsi, Contextual Teaching and Learning (CTL)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 11 Apr 2018 02:20
Last Modified: 11 Apr 2018 02:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/2338

Actions (login required)

View Item View Item