NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM TAKHAYUL MASYARAKAT JEREWEH KABUPATEN SUMBAWA BARAT DAN KAITANNYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMP

Heriyanto, Edi (2018) NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM TAKHAYUL MASYARAKAT JEREWEH KABUPATEN SUMBAWA BARAT DAN KAITANNYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMP. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam takhayul masyarakat Jereweh dan kaitannya dengan pembelajaran sastra di SMP. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimanakah gambaran nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam takhayul masyakat Jereweh, bagaimanakah jenis-jenis takhayul yang terdapat dalam masyarakat Jereweh, serta kaitannya dengan pembelajaran sastra di SMP. Teori yang dijadikan sebagai landasan dalam penelitian ini adalah teori semiotika dan teori hermeneutika, dan metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis semiotika dan metode analisis hermeneutika. Adapun takhayul yang terdapat dalam masyarakat Jereweh dibagi menjadi beberapa jenis, di antaranya takhayul di sekitar lingkungan hidupan manusia, takhayul mengenai alam gaib, takhayul mengenai terciptanya alam semesta dan dunia, dan takhayul mengenai tafsir mimpi. Beberapa nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam takhayul masyarakat Jereweh di antaranya, nilai pendidikan agama dan ketuhanan berbentuk larangan, kemudian sebagai konsekuensi larangan tersebut diberikan ancaman sebagai akibat jika melanggarnya. Kemudian takhayul yang mengandung nilai pendidikan moral di antaranya adalah takhayul yang mengajarkan tentang adab kesopanan, dan rasa bersyukur. Takhayul yang mengandung nilai pendidikan sosial di antaranya adalah mengajarkan tentang gotong-royong, saling berbagi satu sama lain. Nilai-nilai pendidikan dalam takhayul mempunyai hubungan yang sangat erat dan fungsinya sejalan dengan pendidikan atau pengajaran sastra di SMP. Nilai pendidikan dalam pembelajaran sastra di SMP dapat dikaitkan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada kelas IX (sembilan) semester 1 dengan SK menulis (mengungkapkan kembali pikiran, perasaan, dan pengalaman dalam cerita pendek), dan KD menulis cerita pendek bertolak dari peristiwa yang pernah dialami. Takhayul dapat dijadikan sebagai kerangka karangan dalam membuat cerita pendek dalam pembelajaran sastra.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Takhayul, nilai-nilai pendidikan, pembelajaran sastra.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 11 Apr 2018 05:47
Last Modified: 11 Apr 2018 05:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/2349

Actions (login required)

View Item View Item