DIAGNOSIS GANGGUAN DEPRESI PADA PASIEN REHABILITASI RUMAH SAKIT KETERGANTUNGAN OBAT JAKARTA MENGGUNAKAN METODE FUZZY TSUKAMOTO

MUHAMMAD, KHAIRURRADZIQIN (2021) DIAGNOSIS GANGGUAN DEPRESI PADA PASIEN REHABILITASI RUMAH SAKIT KETERGANTUNGAN OBAT JAKARTA MENGGUNAKAN METODE FUZZY TSUKAMOTO. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_MUHAMMADKHAIRURRADZIQIN_MIPA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pecandu narkoba dalam masa rehabilitasi rentan mengalami gangguan depresi. Pecandu narkoba dengan gangguan depresi akan kesulitan untuk menenangkan diri sehingga memiliki resiko lebih tinggi untuk melakukan percobaan bunuh diri. Penanganan yang lambat pada pasien gangguan depresi dapat berakibat terganggunya kondisi tubuh baik fisik maupun mental, bahkan buruknya dapat mengakibatkan kematian. Untuk itu dibutuhkan suatu instrumen yang dapat membantu psikolog atau psikater sebagai ahli dalam bidang gangguan mental dan kejiwaan membuat suatu diagnosis karena gangguan depresi tidak dapat didiagnosis sendiri. Seluruh gejala depresi tidak dapat didefinisikan dalam angka atau merupakan variabel linguistik. Logika fuzzy digunakan untuk membentuk suatu sistem pembantu pengambil keputusan diagnosis, karena dapat menganalisis variabel-variabel linguistik. Pemilihan metode fuzzy Tsukamoto pada penelitian ini didasari oleh sebagian dari gejala depresi yang berbentuk sebab dan akibat. Proses inferensi fuzzy pada metode fuzzy Tsukamoto dengan aturan (rule) berbentuk IF- THEN menggunakan operasi AND terbukti cocok diterapkan untuk proses diagnosis gangguan depresi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh berdasarkan instrumen Beck Depression Inventory – II (BDI- II). Susunan proses metode fuzzy Tsukamoto juga memudahkan proses analisis data karena terdapat kecocokan penggunaan untuk bentuk variabel input dari instrumen BDI-II dengan output yang diharapkan. Sistem terbentuk menunjukkan nilai signifikansi sebesar 95%. Logika fuzzy telah diaplikasikan dengan baik pada proses diagnosis penyakit karena telah berhasil memetakan gejala-gejala penyakit dalam bentuk yang samar ke dalam suatu nilai derajat keanggotaan untuk mempermudah proses analisisnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Diagnosis, Gangguan Depresi, BDI-II, Logika Fuzzy, Fuzzy Tsukamoto.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 30 Aug 2021 13:52
Last Modified: 30 Aug 2021 13:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/23645

Actions (login required)

View Item View Item