DAMPAK PERAN GANDA IBU RUMAH TANGGA PENAMBANG BATU APUNG TERHADAP PEREKONOMIAN KELUARGA (Studi Kasus Penambang Batu Apung Perempuan di Desa Keru, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat)

AYU, LESTARI (2021) DAMPAK PERAN GANDA IBU RUMAH TANGGA PENAMBANG BATU APUNG TERHADAP PEREKONOMIAN KELUARGA (Studi Kasus Penambang Batu Apung Perempuan di Desa Keru, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_AYU LESTARI_L1C017011.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Peran Ganda Ibu Rumah Tangga Penambang Batu Apung Terhadap Perekonomian Keluarga (Studi Kasus Penambang Batu Apung Perempuan Desa Keru, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat). Penelitian ini dilakukan dilatarbelakangi tingkat kemiskinan yang signifikan di Desa Keru yang dipengaruhi oleh pendapatan keluarga yang rendah dan kurang tercukupinya kebutuhan keluarganya sehingga para ibu rumah tangga banyak yang bekerja sebagai penambang batu apung di Desa Keru. Jumlah perempuan ibu rumah tangga yang bekerja sebagai penambang batu apung di Desa Keru yang cukup tinggi menjadi alasan dilakukannya penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui peran ganda buruh perempuan dalam menunjang perekonomian keluarga, serta dampak dari peran ganda yang dilakukan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran ganda yang dilakukan ibu rumah tangga penambang batu apung di Desa Keru berupa peran domestik dan peran publik, telah memberikan kontribusi dalam meningkatkan perekonomian keluarga. Adapun peran domestik yang dilakukan seperti mengurus rumah tangga, mencuci, memasak, membersihkan rumah, mengurus anak dan suami. Sedangkan peran publik yang dijalankan yaitu bekerja sebagai penambang batu apung. Dampak peran ganda berupa dampak positif yaitu membantu meningkatkan perekonomian keluarga, terbangun rasa saling pengertian antar anggota keluarga, menghilangkan stres, mengurangi jumlah pengiriman tenaga kerja wanita ke luar negeri, dan keterbukaan terhadap lingkungan sosial, sedangkan dampak negatif berupa adanya fungsi di dalam keluarga yang tidak terpenuhi, adanya beban kerja ganda, menurunnya kesehatan, dan waktu untuk berinteraksi dengan masyarakat menjadi terbatas. Peneliti mengharapkan terdapat tindak lanjut dari hasil penelitian ini dalam penyelesaian permasalahan peran ganda ibu rumah tangga khususnya oleh pemerintah pusat, pemerintah desa, keluarga dan masyarakat agar kesejahteraan sosial masyarakat dapat terpenuhi secara merata.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Peran Ganda, Ibu Rumah Tangga, Penambang Batu Apung, Peningkatan Ekonomi Keluarga
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Sep 2021 08:38
Last Modified: 03 Sep 2021 08:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/23971

Actions (login required)

View Item View Item