UJI EFEKTIVITAS EKSTRAK TANAMAN MENIRAN (Phyllanthus niruri L.) TERHADAP SISTEM IMUN UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei) YANG DIUJI TANTANG DENGAN BAKTERI Vibrio harveyi

BAIQ, AINAYA AMRINI WACHID (2021) UJI EFEKTIVITAS EKSTRAK TANAMAN MENIRAN (Phyllanthus niruri L.) TERHADAP SISTEM IMUN UDANG VANAME (Litopenaeus vannamei) YANG DIUJI TANTANG DENGAN BAKTERI Vibrio harveyi. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_Baiq Ainaya Amrini_C1K017014_16 Ags.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan utama yang dihadapi dalam budidaya udang vaname adalah serangan penyakit akibat infeksi Vibrio harveyi. Penyakit yang disebabkan oleh Vibrio harveyi adalah vibriosis berpendar yang menjadi penyebab kematian utama dalam budidaya udang dan merupakan penyakit yang paling banyak menimbulkan kerugian ekonomi di sektor perikanan. Penggunaan antibiotik dalam penanggulangan penyakit sudah bukan lagi langkah yang tepat dan efisien, sehingga penggunaan imunostimulan seperti tanaman meniran (Phyllanthus niruri L.) menjadi alternatif yang paling aman untuk menanggulangi penyakit pada udang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan ekstrak tanaman meniran (Phyllanthus niruri L.) yang diaplikasikan pada pakan dengan dosis berbeda terhadap sistem imun udang vaname (Litopenaeus vannamei) yang diuji tantang dengan Vibrio harveyi. penelitian ini dilakukan selama 60 hari menggunakan udang vaname PL-20 dengan menggunakan wadah berukuran 40cm x 30cm x 28cm dan padat tebar 20 ekor. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri atas 5 perlakuan dan 3 ulangan yaitu, P1 (Kontrol Positif) : pakan Komersil + Infeksi Vibrio harveyi; P2 (Kontrol Negatif) : Pakan Komersil + Infeksi NaCl 0,9 %; P3 : Pakan Komersil + 0,5% Ekstrak meniran (Phyllanthus niruri L.) + Infeksi Vibrio harveyi; P4 : Pakan Komersil + 1 % Ekstrak meniran (Phyllanthus niruri L.) + Infeksi Vibrio harveyi; P5 : Pakan Komersil + 2 % Ekstrak meniran (Phyllanthus niruri L.) + Infeksi Vibrio harveyi. Parameter penelitian yang diamati pada penelitian ini meliputi Survival rate udang vaname dan respon imun. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Analisis Varian (ANNOVA) dengan SPSS pada taraf signifikan 5% kemudian dilanjutkan dengan uji lanjut Duncan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penambahan ekstrak meniran dengan dosis 1% memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan sistem imun udang vaname yang diinfeksi Vibrio harveyi, dengan hasil SR yang diperoleh sebesar 78%, RPS sebesar 56,7%, THC sebesar 29,04×106 sel/ml, DHC dengan persentase hialin 57%, semi granulosit sebesar 18,7%, dan granulosit sebesar 24,3%, AF sebesar 78,4%, TBC sebesar 52×108 dan TVC sebesar 27×106 .

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : ekstrak meniran, Vibrio harveyi, udang vaname, pakan.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Sep 2021 23:02
Last Modified: 08 Sep 2021 23:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24091

Actions (login required)

View Item View Item