STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN “WANUA ADVENTURE” DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN KE PULAU KOMODO

Wahyu, Arrahman (2021) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN “WANUA ADVENTURE” DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN KE PULAU KOMODO. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI. WAHYU ARRAHMAN. L1B016085.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran Wanua Adventure dalam menigkatkan kunjungan wisatawan ke Pulau Komodo, dan mengetahui faktor penghambat dan pendukung dari strategi komunikasi pemasaran tersebut. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah komunikasi, komunikasi pemasaran, dan strategi komunikasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan analisis data model Miles dan Huberman yang tahapan analisisnya berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan terdapat 2 (dua) strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Wanua Adventure dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke Pulau Komodo. Petama adalah strategi pesan (what to say) menggunakan tema pusat yaitu petualangan dan keseruan bersama Wanua Adventure. Kedua adalah Strategi pesan disampaikan (how to say) melalui jaringan komunikasi yang dimiliki (dalam dan luar negeri) dan menggunakan media cetak (spanduk dan brosur) serta media internet (website, facebook fanpage, instagram, youtube, dan twitter). Terdapat 6 (enam) faktor pendukung dan 3 (tiga) faktor penghambat dari pelaksanaan strategi komunikasi pemasaran Wanua Adventure dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke Pulau Komodo.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Strategi Komunikasi Pemasaran, Liveaboard Wanua Adventure
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Sep 2021 23:02
Last Modified: 08 Sep 2021 23:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24092

Actions (login required)

View Item View Item