PENGARUH TEH VERMIKOMPOS SEBAGAI BIOFUNGISIDA DALAM MENEKAN JAMUR Sclerotium rolfsii PADA TANAMAN KEDELAI (Glycine max L. Merril)

Supratman, Al Rizal Moniteria (2021) PENGARUH TEH VERMIKOMPOS SEBAGAI BIOFUNGISIDA DALAM MENEKAN JAMUR Sclerotium rolfsii PADA TANAMAN KEDELAI (Glycine max L. Merril). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
C1M016173-SKRIPSI_SUPRATMAN_AL_RIZAL_MONITERIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kedelai (Glycine max (L.) Merril) merupakan salah satu jenis tanaman pangan terpenting di Indonesia. Usaha peningkatan produktivitas kedelai tidak terlepas dari berbagai macam gangguan hama dan penyakit. Salah satunya adalah gangguan jamur Sclerotium rolfsii yang dapat menyebabkan rebah kecambah, tanaman layu atau mengalami busuk pangkal batang. Aplikasi teh kompos berbahan dasar kotoran cacing (teh vermikompos) merupakan alternatif yang ramah lingkungan dan memilik potensi dalam menekan Sclerotium rolfsii. Percobaan ini dilaksanakan di Rumah Kaca Gaharu dan Laboratorium Mikrobiologi Fakultas Pertanian Universitas Mataram sejak Mei 2021 sampai Juni 2021. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL). Teh Kompos yang digunakan berbahan dasar kotoran cacing yang terdiri dari 2 jenis yaitu teh kompos melalui proses aerasi (Aerated Compost Tea-ACT) dan teh kompos tanpa proses aerasi (Non aerated Compost Tea-NCT). Perlakuan yang diuji terdiri dari 7 perlakuan dan 3 ulangan. Kontrol, ACT tanpa pengenceran, ACT pengenceran 10-1 , ACT pengenceran 10-2 , NCT tanpa pengenceran, NCT pengenceran 10-1 , NCT pengenceran 10-2 . Data hasil pengamatan dianalisis menggunakan ANOVA pada taraf nyata 5%. Pada percobaan secara in vitro kedua jenis teh kompos dapat menekan pertumbuhan jamur S. rolfsii. Pada percobaan secara in vivo, perlakuan NCT pengenceran 10-1 dan ACT pengenceran 10-1 tergolong dalam kategori cukup efektif untuk menekan insiden penyakit dengan persentase tingkat keefektifan berturut-turut 51,72% dan 47,13%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kedelai, jamur, teh, biofungisida, pengaruh.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Sep 2021 02:06
Last Modified: 09 Sep 2021 02:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24099

Actions (login required)

View Item View Item