STRATEGI POLA ASUH KELUARGA SEBAGAI PENDAMPING ANAK PADA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS KELUARGA DI DESA KELANIR KECAMATAN SETELUK KABUPATEN SUMBAWA BARAT)

RITA, HERMAWATI (2021) STRATEGI POLA ASUH KELUARGA SEBAGAI PENDAMPING ANAK PADA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS KELUARGA DI DESA KELANIR KECAMATAN SETELUK KABUPATEN SUMBAWA BARAT). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
RITA HERMAWATI-L1C017080.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Strategi Pola Asuh Keluarga Sebagai Pendamping Anak Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pendemi Covid-19 (Studi Kasus Keluarga Di Desa Kelanir Kecamatan Seteluk Kabupaten Sumbawa Barat), Desa kelanir merupakan desa terpencil yang berada dibalik perbukitan sehingga mengalami masalah kesulitan dalam menjangkau sinyal. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti tentang strategi pola asuh keluarga sebagai pendamping anak pada pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Teori yang digunakan untuk menganalisis dalam penelitian ini ialah teori tindakan sosial Max Weber. 4 tipe tindakan yakni tindakan rasional instrumental, tindakan rasional nilai, tindakan afektif dan tindakan tradisional. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus. Informan penelitian adalah orang tua yang memiliki anak jenjang SMU. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pola asuh keluarga mengalami perubahan. Sebelum adanya pandemi covid-19 orang tua menerapkan ketiga pola asuh yaitu permisif, otoriter, dan demokratis tetapi selama pandemi covid-19 orang tua menerapkan dua pola asuh yaitu otoriter dan demokratis. Kendala orang tua dalam proses pendampingan pembelajaran daring adalah kesulitan sinyal, kurangnya pengetahuan, dan masalah waktu.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Strategi, Pola Asuh, Pembelajaran Daring
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 09 Sep 2021 03:46
Last Modified: 09 Sep 2021 03:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24115

Actions (login required)

View Item View Item