ISOLASI Bacillus spp. BERASOSIASI DENGAN ABALON (Haliotis asinina) DAN UJI KEMAMPUANNYA MENGHAMBAT PERTUMBUHAN Vibrio spp.

NITA, YULIANA (2021) ISOLASI Bacillus spp. BERASOSIASI DENGAN ABALON (Haliotis asinina) DAN UJI KEMAMPUANNYA MENGHAMBAT PERTUMBUHAN Vibrio spp. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FINALL FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Abalon (Haliotis asinina) adalah salah satu komoditas etnofauna Nusa Tenggara Barat (NTB)yang memiliki komoditas bernilai ekonomi tinggi. Namun, kendala yang dihadapi dalam budidaya abalon adalah penyakit vibriosis yang disebabkan oleh bakteri patogen Vibrio, menyerang pada tahap larva sampai abalon dewasa. Penelitian ini bertujuan untuk menyeleksi Bacillus yang berasosiasi dengan abalon dan uji kemampuannya dalam menghambat pertumbuhan bakteri patogen Vibrio sp. Tahapan pada penelitian ini adalah pengambilan sampel, isolasi Bacillus, karakterisasi isolat, identifikasi isolat dan diuji kemampuannya dalam menghambat pertumbuhan Vibrio sp. menggunakan metode sumuran. Sebanyak empat isolat bakteri yang diperoleh yaitu CAK1, CAK6, SLK2 dan SLK1. Berdasarkan karakterisasi dan identifikasi menggunakan alat microbiology analyzer, diduga isolat CAK1 dan CAK6 adalah Bacillus coagulans, isolat SLK2 adalah Bacillus licheniformis dan SLK1 adalahBacillus pumilus. Hasil uji anti Vibrio menghasilkan bahwa isolat CAK1 terhadap V. harveyi memiliki zona hambat 14,5 mm, siolat CAK6 terhadapV. harveyi 2,5mm, isolat CAK1 terhadap V. parahaemolyticus sebesar 5,25mm, isolat SLK2 terhadap V. parahaemolyticus 10,75 dan CAK6 terhadap V. alginolyticus sebesar 5,25 mm.Berdasarkan hasil luas zona hambat isolat CAK1 berpotensi untuk dikembangkan sebagai kandidat probiotik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci :Bacillus, Abalon (Haliotis asinina), Probiotik, anti Vibrio sp.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 14 Sep 2021 02:42
Last Modified: 14 Sep 2021 02:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24314

Actions (login required)

View Item View Item