HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V SDN GUGUS V KECAMATAN CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

KADEK DWI YUNIANI, NI (2021) HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V SDN GUGUS V KECAMATAN CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_Ni Kadek Dwi Yuniani_E1E217118_PGSD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mengetahui hubungan kebiasaan belajar dengan hasil belajar IPA, (2) mengetahui hubungan motivasi berprestasi dengan hasil belajar IPA, dan (3) mengetahui hubungan kebiasaan belajar dan motivasi berprestasi secara bersama-sama dengan hasil belajar IPA pada peserta didik kelas V SD di Gugus V Kecamatan Cakranegara tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN Gugus V Kecamatan Cakranegara yang berjumlah 214 peserta didik dan sampel penelitian berjumlah 139 peserta didik. Data kebiasaan belajar dan motivasi berprestasi peserta didik dikumpulkan dengan instrumen berbentuk kuesioner. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan kebiasaan belajar dengan hasil belajar IPA pada peserta didik kelas V SD di Gugus V Kecamatan Cakranegara dengan kategori rendah yang ditunjukkan melalui perolehan nilai rhitung > rtabel atau nilai koefisien sebesar 0,253 > 0,167 pada taraf signifikansi 5% serta persamaan garis regresi Y = 71,174 + 0,160 X1 dengan presentase hubungan sebesar 6,4%, terdapat hubungan yang signifikan motivasi berprestasi dengan hasil belajar IPA pada peserta didik kelas V SD di Gugus V Kecamatan Cakranegara dengan kategori rendah yang ditunjukkan melalui perolehan nilai rhitung > rtabel atau nilai koefisien sebesar 0,303 > 0,167 pada taraf signifikansi 5% serta persamaan garis regesi Y = 67,257 + 0,214 X2 dengan presentase hubungan sebesar 9,2%. Dan terdapat hubungan yang signifikan kebiasaan belajar dan motivasi berprestasi secara bersama-sama dengan hasil belajar IPA pada peserta didik kelas V SD di Gugus V Kecamatan Cakranegara dengan kategori rendah yang ditunjukkan melalui perolehan nilai rhitung > rtabel atau nilai koefisien sebesar 0,341 > 0,167 pada taraf signifikansi 5% serta persamaan regresi Y = 61,840 + 0,106 X1 + 0,173 X2 dengan persentase hubungan sebesar 11,6%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Learning Habits, Achievement Motivation, Science Learning Outcomes
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 17 Sep 2021 01:28
Last Modified: 17 Sep 2021 01:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24359

Actions (login required)

View Item View Item