PENGARUH MULTIMEDIA DALAM MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI IPA SMAN 2 MATARAM

RAVIKAH, AULIA (2018) PENGARUH MULTIMEDIA DALAM MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI IPA SMAN 2 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
AULIA RAVIKAH(E1M013003).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh multimedia dalam model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA SMAN 2 Mataram. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dalam bentuk penelitian kelompok kontrol non ekuivalen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 2 Mataram tahun ajaran 2016/2017. Dua kelas dipilih sebagai sampel dengan teknik sampel bertujuan. Kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan menggunakan multimedia dalam model pembelajaran berbasis masalah dan pada kelas kontrol tanpa menggunakan multimedia dalam model pembelajaran berbasis masalah. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda. Nilai rata-rata tes awal untuk kelas eksperimen lebih rendah dibandingkan dengan kelas kontrol. Sedangkan nilai rata-rata tes akhir kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan gain uji-t diperoleh thitung = 6,44 > ttabel = 2,00. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan multimedia dalam model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA SMAN 2 Mataram

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Multimedia, model pembelajaran berbasis masalah, hasil belajar, sistem koloid.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 13 Apr 2018 02:50
Last Modified: 13 Apr 2018 02:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/2440

Actions (login required)

View Item View Item