ANALISIS FAKTOR KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM PENULISAN PUISI KELAS IV SD NEGERI 29 CAKRANEGARA

Desak Putu Sukma Ayupertiwi, I (2021) ANALISIS FAKTOR KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM PENULISAN PUISI KELAS IV SD NEGERI 29 CAKRANEGARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI I DESAK PUTU SUKMA AYUPERTIWI_E1E216075.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesulitan yang dialami siswa kelas IV SD Negeri 29 Cakranegara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan penyajian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 29 Cakranegara. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur dan angket. Validitas data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif dari Miles Huberman, dengan tahapan pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesimpulannya adalah: (1) Faktor kesulitan siswa dalam menulis puisi secara internal terbagi menjadi empat, Kurangnya motivasi atau minat siswa dalam belajar menulis puisi disebabkan siswa hanya menggunakan imajinasi ala kadarnya, siswa merasa bosan dengan pembelajaran tanpa media yang mendukung dan mengikuti karakteristik siswa, setiap guru pembelajaran tidak menggunakan media yang mendukung dan kurang persiapan siswa sebelum pembelajaran, Kurangnya pemahaman siswa terhadap materi menulis puisi disebabkan oleh siswa yang pasif yang tidak mau bertanya jika mengalami kesulitan dalam memahami materi. Keterbatasan kemampuan siswa dalam mengembangkan ide atau gagasan dalam mengarang puisi, keterbatasan dan kurangnya kreativitas siswa dalam mengembangkan ide-ide yang ada pada puisi yang akan ditulis, (2) faktor kesulitan siswa dalam menulis puisi Secara eksternal, guru cenderung untuk menyampaikan pembelajaran menulis puisi secara konvensional adalah pembelajaran yang berpusat pada guru dimana guru dalam proses pembelajaran hanya menyampaikan materi dengan ceramah, tidak menggunakan media yang kreatif dan inovatif untuk menunjang pembelajaran, guru tidak menggunakan media pembelajaran dalam menyampaikan materi menulis puisi, menjadikannya sulit bagi siswa untuk memahami materi yang disajikan. Kurangnya penguatan pembelajaran dari guru, baik penguatan emosional maupun simbolik dalam pemberian penghargaan menulis puisi belum pernah dilakukan oleh guru karena puisi yang dihasilkan siswa kurang baik dan benar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Faktor Internal dan Eksternal Kesulitan Siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 21 Sep 2021 06:39
Last Modified: 21 Sep 2021 06:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24477

Actions (login required)

View Item View Item