KOMPOSISI KIMIA MINYAK ATSIRI DAN HIDROSOL DAUN POHON TEH (Melaleuca alternifolia L) SERTA PEMANFAATANNYA SEBAGAI GEL ANTINYAMUK

BAIQ, RIYANKATI (2021) KOMPOSISI KIMIA MINYAK ATSIRI DAN HIDROSOL DAUN POHON TEH (Melaleuca alternifolia L) SERTA PEMANFAATANNYA SEBAGAI GEL ANTINYAMUK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_BAIQ RIYANKATI(G1C017009).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pohon teh merupakan tanaman penghasil minyak atsiri dengan aroma khas yang potensial untuk digunakan sebagai antinyamuk. Pada penelitian ini telah dilakukan ekstraksi minyak atsiri pohon teh menggunakan metode destilasi uap, kemudian dilanjutkan dengan pembuatan gel antinyamuk menggunakan minyak atsiri pohon teh sebagai bahan aktif dan hidrosolnya sebagai pelarut. Analisis GC-MS menunjukkan komposisi kimia minyak atsiri dan hidrosol daun pohon teh mengandung senyawa yang berperan sebagai antinyamuk. Minyak atsiri pohon teh mengandung α-pinene (6,28 %), β-pinene (10,41 %), β-myrcene (14,23 %), limonene (22,44 %) dan linalool (5,55 %). Hidrosol daun pohon teh mengandung trans-caryophyllene (28,58 %), α-pinene (4,14 %), β-pinene, (6,50 %), β-myrcene (8,09 %) dan limonene (13,98 %). Pembuatan gel antinyamuk dilakukan melalui variasi konsentrasi minyak atsiri pohon teh untuk mengetahui konsentrasi yang paling efektif sebagai antinyamuk. Seluruh gel yang dihasilkan memiliki karakteristik fisik dari segi warna, aroma, homogenitas, daya iritasi, pH, daya sebar dan viskositas yang telah sesuai dengan standar kualitas gel. Gel dari minyak atsiri pohon teh 0,5 % yang dikombinasikan dengan hidrosol sebagai pelarut memiliki daya repelan sebesar 92,99 %. Nilai tersebut cukup efektif untuk menggantikan penggunaan diethyltoluamide (DEET) pada produk antinyamuk yang dapat menimbulkan efek toksik pada penggunaan jangka panjang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: ekstraksi, komposisi kimia, minyak atsiri pohon teh, hidrosol, antinyamuk
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 22 Sep 2021 01:44
Last Modified: 22 Sep 2021 01:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24492

Actions (login required)

View Item View Item