PERBANDINGAN EFEKTIVITAS ANALGESIA TRAMADOL DAN PETHIDIN TERHADAP LAMA RAWAT INAP PADA PASIEN PASCAOPERASI SECTIO CESAREA DI RSUD PROVINSI NTB

IZZATUR, ASSYARIFAH DEWI (2021) PERBANDINGAN EFEKTIVITAS ANALGESIA TRAMADOL DAN PETHIDIN TERHADAP LAMA RAWAT INAP PADA PASIEN PASCAOPERASI SECTIO CESAREA DI RSUD PROVINSI NTB. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NASKAH SKRIPSI IZZATUR ASSYARIFAH DEWI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Nyeri pada pascaoperasi sectio cesarea lebih tinggi sekitar 27,3% dibandingkan persalinan normal. Nyeri pasca persalinan akan berdampak pada penundaan laktasi dan perpanjangan durasi rawat inap. Tramadol dan pethidin digunakan pada penanganan nyeri pascaoperasi sectio cesarea namun perbandingan terkait efektivitas kedua analgesik belum dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi perbandingan efektivitas analgesik tramadol dan pethidin terhadap durasi rawat inap pada pasien pascaoperasi sectio cesarea. Penelitian ini bersifat deskriptif-komparatif yang dilakukan di bagian rekam medis RSUD Provinsi NTB. Sampling menggunakan metode consecutive sampling dengan observasi secara retrospektif pada data rekam medis. Analisis data berupa analisis deskriptif terhadap data demografis dan data klinis pasien sedangkan analisis komparatif dengan membandingkan durasi rawat inap pasien pascaoperasi sectio cesarea di RSUD Provinsi NTB tahun 2019, dengan instrumen SPSS 25 mengunakan uji non parametrik Mann Whitney. Jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 133 pasien dengan 93 pasien yang menggunakan terapi tramadol serta 40 pasien yang menggunakan terapi pethidin baik tunggal maupun kombinasi. Berdasarkan hasil investigasi tersebut terdapat perbedaan yang signifikan antara tramadol dan pethidin terhadap durasi rawat inap. Rata-rata durasi rawat inap pasien yang menggunakan pethidin yaitu selama 2,8 hari sedangkan pasien yang menggunakan tramadol yaitu selama 3,12 hari dengan nilai p=0,024.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: sectio cesarea, nyeri, efektivitas, tramadol, pethidin.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Program Studi Farmasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 30 Sep 2021 01:14
Last Modified: 30 Sep 2021 01:14
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24714

Actions (login required)

View Item View Item