PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK BUAH KAWISTA (Limonia acidissima) TERHADAP FUNGSI HEPAR TIKUS PUTIH (Rattus norvegicus) YANG DIINDUKSI DIET TINGGI LIPID DAN PROPILTIOURASIL (PTU)

Desy, Anggia Murni (2021) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK BUAH KAWISTA (Limonia acidissima) TERHADAP FUNGSI HEPAR TIKUS PUTIH (Rattus norvegicus) YANG DIINDUKSI DIET TINGGI LIPID DAN PROPILTIOURASIL (PTU). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KTI Desy Anggia Murni.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang; Peningkatan prevalensi hiperlipidemia menjadi permasalahan kesehatan dunia. Salah satu komplikasi dari hiperlipidemia adalah penyakit hati berlemak NAFLD. Gambaran enzimatik NAFLD menunjukkan peningkatan kadar enzim ALT dan GGT. Sampai saat ini belum ada obat yang spesifik untuk menatalaksanai NAFLD. Pendekatan tatalaksana terutama dengan menatalaksanai faktor resiko seperti hiperlipidemia, dengan menggunakan obat modern maupun obat tradisional. Salah satu upaya tersebut adalah memanfaatkan bahan alam yaitu buah kawista (Limonia acidissima). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak kawista mampu menurunkan kadar trigliserida pada tikus yang diinduksi diet tinggi lipid dan PTU. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan posttest only control group design. Penelitian ini melibatkan 5 kelompok subyek, yaitu kelompok kontrol 1, kelompok kontrol 2, dan 3 kelompok dosis. Kelompok kontrol kontrol 1 dan dosis diinduksi dengan diet tinggi lipid dan PTU selama 24 hari. Kelompok dosis diberikan ekstrak buah kawista (Limonia acidissima) dengan dosis setara dengan 500, 600 dan 700 mg buah segar/ kg BB tikus selama 24 hari. Pengambilan sampel darah dilakukan secara intrakardiak pada hari ke 25 pasca pemberian ekstrak. Data penelitian diuji dengan Anova dan LSD dengan tingkat kepercayan 95 %. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian ekstrak kawista (Limonia acidissima) berpengaruh signifikan terhadap terhadap kadar enzim ALP dan GGT pada tikus yang diinduksi diinduksi diet tinggi lipid dan PTU (p=0.000). Kesimpulan: Terdapat pengaruh pemberian ekstrak kawista (Limonia acidissima) terhadap kadar enzim GGT dan ALP pada tikus (Rattus norvegicus) yang diinduksi diet tinggi lipid dan PTU..

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Buah Kawista (Limonia acidissima), GGT, ALP
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 30 Sep 2021 01:14
Last Modified: 30 Sep 2021 01:14
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24717

Actions (login required)

View Item View Item