PEMETAAN PROFIL METABOLIT SEKUNDER EKSTRAK ETANOL RUMPUT LAUT COKELAT

HAFIFAH, HAFIFAH (2021) PEMETAAN PROFIL METABOLIT SEKUNDER EKSTRAK ETANOL RUMPUT LAUT COKELAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR 2 HAFIFAH (K1A017020) pdf fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Rumput laut cokelat (Sargassum polycystum, Sargassum crassifolium, Sargassum cristaefolium) merupakan sumber senyawa bioaktif dan mampu menghasilkan berbagai macam metabolit sekunder seperti senyawa alkaloid, glikosida, tanin, serta senyawa fenolik dan flavonoid. Keanekaragaman metabolit sekunder suatu tanaman akan mempengaruhi secara langsung aktivitas biologis tanaman tersebut. Pengetahuan tentang profil metabolit sekunder suatu tanaman menjadi informasi penting untuk perkembangan obat bahan alam. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi profil metabolit sekunder ekstrak etanol dan fraksi ekstrak n-heksan dan etil asetat rumput laut cokelat (Sargassum polycystum, Sargassum crassifolium, Sargassum cristaefolium) yang ada di Pantai Batu Layar, Lombok Barat, NTB. Rumput laut cokelat diekstraksi dengan etanol lalu difraksinasi dengan metode partisi sehingga didapatkan fraksi n- heksan dan etil asetat. Uji fitokimia dilakukan secara kualitatif menggunakan metode tabung dan KLT. Kemudian senyawa metabolit sekunder ekstrak etanol dan fraksi ekstrak dianalisis menggunakan GC-MS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak etanol dari ketiga jenis Sargassum (Sargassum polycystum, Sargassum crassifolium, Sargassum cristaefolium) positif mengandung saponin, triterpenoid, fenol, tanin, dan flavonoid. Fraksi n-Heksan dari ketiga jenis Sargassum ((Sargassum polycystum, Sargassum crassifolium, Sargassum cristaefolium) positif mengandung triterpenoid. Fraksi etil asetat dari ketiga jenis Sargassum positif mengandung saponin dan triterpenoid. Profil metabolit dari ketiga jenis Sargassum (Sargassum polycystum, Sargassum crassifolium, Sargassum cristaefolium) baik dari ekstrak etanol, fraksi etil asetat dan fraksi n-heksan menunjukkan adanya perbedaan dengan senyawa mayor ekstrak etanol Sargassum polycistum, Sargassum crassifolium, dan Sargassum cristaefolium adalah asam heksadekanoat. Senyawa mayor fraksi etil asetat Sargassum polycistum adalah n-Heksil asetat, fraksi etil asetat Sargassum cristaefolium yaitu asam asetat, dan fraksi etil asetat Sargassum crassifolium yaitu n-Oktil asetat. Senyawa mayor fraksi n-heksan Sargassum polycystum adalah asam propanoat, fraksi n-heksan Sargassum cristaefolium dan Sargassum crassifolium adalah asam heksadekanoat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Metabolit sekunder, Rumput laut cokelat, Ekstrak dan fraksi rumput laut, Analisis GC-MS.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Program Studi Farmasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 30 Sep 2021 01:14
Last Modified: 30 Sep 2021 01:14
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24720

Actions (login required)

View Item View Item