DINAMIKA KONDISI SOSIAL EKONOMI PARIWISATA PASCA BENCANA ALAM GEMPA BUMI DI DESA GILI INDAH KECAMATAN PEMENANG KABUPATEN LOMBOK UTARA

Nur, Hidayati Fitriani (2020) DINAMIKA KONDISI SOSIAL EKONOMI PARIWISATA PASCA BENCANA ALAM GEMPA BUMI DI DESA GILI INDAH KECAMATAN PEMENANG KABUPATEN LOMBOK UTARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NUR HIDAYATI FITRIANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang kondisi sosial ekonomi pariwisata sebelum dan setelah bencana alam gempa bumi tepatnya bencana gempa bumi pada Tahun 2018. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Dalam menentukan informan penelitian menggunakan Nonprobability Sampling yakni dengan teknik Purposive Sampling. Adapun teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara semi-struktur dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknis analisis dari Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan adalah teori fenomenologi Alfred Schutz dan teori pilihan rasional James S. Coleman. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa realitas sosial ekonomi yang terjadi pada masyarakat Desa Gili Indah merupakan penafsiran lebih lanjut dari pemaknaan realitas sosial ekonomi sebelum dan setelah bencana alam gempa bumi. Kondisi sosial ekonomi pariwisata Desa Gili Indah pasca bencana alam gempa bumi memunculkan realitas yang meliputi kesadaran dalam meningkatkan kualitas peribadatan, kesadaran dalam merubah perilaku yang konsumtif, aktivitas pesta malam juga mulai berubah dari segi pelaku ataupun waktu dalam pelaksanaannya. Berbagai upaya telah dilakukan untuk memulihkan kembali kondisi sosial ekonomi pariwisata pasca gempa diantaranya kerjasama antar kelompok masyarakat serta dukungan dari pemerintah daerah. Disamping itu, terdapat beberapa kendala yang dihadapi dalam upaya pemulihan pariwisata Desa Gili Indah yakni terbatasnya transportasi pengangkut sampah ramah lingkungan, keterbatasan modal usaha untuk memperbaiki maupun mengoperasionalkan kembali usaha yang dimiliki, serta fasilitas pendukung pariwisata yang belum optimal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Dinamika, Pariwisata, Kondisi Sosial Ekonomi, Bencana Alam.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 04 Oct 2021 01:27
Last Modified: 04 Oct 2021 01:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/24775

Actions (login required)

View Item View Item