PENGARUH SARI BUAH KIWI (Actinidia Deliciosa) DALAM PENGENCER TRIS-KUNING TELUR TERHADAP KUALITAS SPERMATOZOA KAMBING BOER PADA SUHU 5°C

ANANG, MA’RUF (2021) PENGARUH SARI BUAH KIWI (Actinidia Deliciosa) DALAM PENGENCER TRIS-KUNING TELUR TERHADAP KUALITAS SPERMATOZOA KAMBING BOER PADA SUHU 5°C. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ANANG MA'RUF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sari buah kiwi dalam pengencer tris kuning telur terhadap kualitas spermatozoa kambing boer pada suhu 5ºC.Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Imuno Biologi Fakultas MIPA, Universitas Mataram selama 1 bulan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimental laboratorik menggunakan rancangan acak lengkap dengan empat perlakuan dan lima lima kali ulangan. Materi yang digunakan adalah semen Kambing Boer yang berumur 3 tahun. Perlakuan yang digunakan adalah sari buah kiwi masing-masing (0%), (5%), (10%) dan (15%). Hasil penelitian memberikan pengaruh yang nyata (P<0,05) untuk motilitas, viabilitas dan abnormalitas. Pada hari ke-5 perlakuan 5% masing-masing menunjukkan 46,0±5,48%, 63,4±5,37% dan 10,2±3,96%. Disimpulkan bahwa, penambahan konsentrasi 5% memberikan hasil yang terbaik dalam mempertahankan kualitas spermatozoa Kambing boer selama penyimpanan 5 hari pada suhu 5ºC.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Kambing boer, kiwi, Kuning Telur, Pengencer Tris , Spermatozoa,
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 04 Nov 2021 02:13
Last Modified: 04 Nov 2021 02:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/25565

Actions (login required)

View Item View Item