PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJARMATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN PUYUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

BUDI, ARSAH (2021) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJARMATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN PUYUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BUDI ARSAH E1E15022 - SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV SDN Puyung tahun ajaran 2020. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen jenis quasi experimental tipe nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Puyung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Sampling Purposive dengan sampel sebanyak 19 siswa kelas IV.A dan 17 siswa kelas IV. B SDN Puyung. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar menggunakan tes berupa pilihan ganda (pre-test dan post-test). Data dianalisis dengan bantuan SPSS versi 21. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan perhitungan uji independent sampel t-test. Hasil penelitian menunjukan nilai thitung 2,551 dengan ttabel pada tariff signifikan 5% dengan df = 36 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hipotesis penelitian diterima berbunyi ada pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Puyung tahun ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci :Problem Based Learning, Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Nov 2021 03:57
Last Modified: 08 Nov 2021 03:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/25601

Actions (login required)

View Item View Item