PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA MENERAPKAN PEMAHAMAN MATERI PEMBELAJARAN DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PKn DI MA AL- AZIZIYAH PUTRI

UDHIYAH, IDIL (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA MENERAPKAN PEMAHAMAN MATERI PEMBELAJARAN DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PKn DI MA AL- AZIZIYAH PUTRI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI IDIL UDHIYAH E1B013009.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa menerapkan pemahaman materi pembelajaran dan sikap peduli lingkungan melalui metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Togethers (NHT) berbantuan media video pembelajaran pada mata pelajaran PKn di MA Al- Aziziyah Putri. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan untuk memperbaiki kualitas input, proses dan hasil pembelajaran. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yang saling berkaitan yaitu: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) pengamatan/observasi; dan (4) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I, jumlah deskriptor metode Numbered Heads Togethers (NHT) berbantuan media video pembelajaran sebagai variabel tindakan yang muncul sebanyak 26 (79%) deskriptor. Siswa yang mencapai indikator kemampuan menerapkan pemahaman materi pembelajaran yang merupakan variabel harapan sebanyak 18 orang (72%) dan yang mencapai indikator sikap peduli lingkungan sebanyak 17 orang (68%). Sedangkan pada siklus II, variabel tindakan yang muncul sebanyak 35 deskriptor (100%). Seiring dengan meningkatnya indikator variabel tindakan, siswa yang mencapai indikator kemampuan menerapkan pemahaman materi pembelajaran sebagai varibel harapan meningkat menjadi 23 siswa (92%) dan sikap peduli lingkungan meningkat menjadi 21 siswa (84%). Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat dinyatakan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Togethers (NHT) berbantuan media video pembelajaran yang efektif dapat meningkatkan kemampuan siswa menerapkan pemahaman materi pembelajaran dan sikap peduli lingkungan siswa kelas XII Bahasa MA Al -Aziziyah Putri dalam Pembelajaran PKn.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan siswa, pemahaman materi, Peduli Lingkungan, metode Numbered Heads Togethers (NHT), video pembelajaran.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 17 Apr 2018 08:16
Last Modified: 17 Apr 2018 08:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/2567

Actions (login required)

View Item View Item