INTEGRASI PASAR IKAN TONGKOL DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Apriani, Faiza (2017) INTEGRASI PASAR IKAN TONGKOL DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
fix SKRIPSI INTEGRASI PASAR IKAN LAUT DI KABUPATEN print - Copy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perairan Tanjung Luar merupakan perairan yang memiliki sumberdaya perikanan yang sangat tinggi, sehingga bisa dikatakan untuk daerah Tanjung Luar adalah penghasil tangkapan ikan terbesar di daerah Lombok Timur dengan menghasilkan berbagai macam keanekaragaman jenis ikan diantaranya tongkol, cakalan, cumi-cumi, pari, ketombong, teri, hiu dan masih banyak jenis ikan lainnya. Dalam suatu kegiatan yang berhubungan dengan perikanan, pastilah terdapat pihak- pihak yang berperan di dalamnya guna memperlancar proses produksi mereka. Dalam pemasaran ikan, diperlukan sebuah pasar yang dapat menampung dan menyalurkan hasil produksi ikan dari produsen kepada konsumen akhir. Integrasi pasar merupakan hubungan saling mempengaruhi dalam hal perubahan harga dua pasar atau lebih disebut keterpaduan pasar.Dua pasar dikatakan terpadu atau terintegrasi apabila perubahan harga dari salah satu pasar disalurkan ke pasar lainnya. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk : (1) Mengetahui saluran pemasaran ikan tongkol di Kabupaten Lombok Timur (2) Untuk mengetahui efesiensi pemasaran ikan tongkol di Kabupaten Lombok Timur (3) Untuk mengetahui integrasi pasar ikan tongkol di Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan metode “deskriptif”, sedangkan tehnik pengumpulan datanya menggunakan tehnik survey, observasi, wawancara.Unit analisis dalam penelitian ini adalah nelayan dan pedagang ikan.Penelitian ini dilaksanakan di Pasar Tanjung Luar Kecamatan Keruak Kabuapten Lombok Timur secara “purposive sampling” atas dasar pertimbangan bahwa pasar tesebut merupakan tempat pemasaran ikan terbesar di Kabupaten Lombok Timur. Penentuan jumlah nelayan responden dilakukan dengan metode “Quota Sampling”, yaitu menetapkan sebanyak 35 responden .Selanjutnya penentuan nelayan responden ditentukan secara “accidental sampling”. Penentuan responden lembaga pemasaran atau pedagang dilakukan secara “Snowball Sampling”.Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, jenis data yang digunakan data kuantitatif dan data kualitatif.Data xiv dianalisis menggunakan analisis efesiensi pemasaran, analisi integrasi pasar menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 2 saluran pemasaran ikan tongkol di Kabupaten Lombok Timur (1) nelayan- pedagang pengumpul-pedagang pengecer- konsumen akhir (2) nelayan- pedagang pengecer- konsumen akhir. Efesiensi pemasaran ikan tongkol berbeda tiap salurannya. Dari margin pemasaran saluran yang relatif efesien yaitu saluran pemasaran II dengan total margin sebesar Rp 1500 kemudian saluran I dengan margin total sebesar Rp 1750. Untuk share nelayan saluran yang relatif efesien adalah saluran II sebesar 70 % dan untuk saluran I sebesar 60,8%. Untuk distribusi Keuntungan untuk saluran I sebesar 0,50 dikatakan belum efesien karena distribusi keuntungan sebesar 1, dan saluran II sebesar 0,27 sehingga keuntungan dari kedua saluran tersebut belum dikatakan adil. Jumlah penjualan yang relatif efesien pada saluran I sebesar 2975 ekor dan kemudian pada saluran II sebesar 1120 ekor.Harga pembelian dan penjualan ikan tongkol pada bulan April di saluran I dengan harga pembelian/ekor sebesar Rp 3500 dengan harga penjualan sebesar Rp 5750.Sedangkan harga pembelian ikan tongkol pada saluran II dengan harga ikan/ekor sebesar Rp.3500 dengan harga penjualan sebesar Rp 5000/ekor.Harga pembelian dan penjualan ikan tongkol pada bulan Mei pada saluran I sebesar Rp 5000/ekor dengan harga penjualan Rp 7000/ekor sedangkan harga pembelian ikan tongkol pada bulan Mei pada saluran II dengan harga ikan tongkolsebesar Rp5000/ekor dan penjualan ikan sebesar Rp 6880/ekor. Hasil analisis integrasi pasar menggunakan analisis regresi yaitu secara serentak harga ikan tongkol di tingkat konsumen (Pasar Keruak, Pasar Sakra, Pasar Selong) dan bulan penjualan berpengaruh signifikan atau taraf nyata terhadap harga ikan tongkol di tingkat produsen (Pasar Tanjung Luar) karena nilai signifikan lebih kecil dari taraf nyata sedangkan secara uji parsial harga ikan tongkol di tingkat konsumen tidak berpengaruh signifikan terhadap harga ditingkat produsen (Tanjung Luar) karena nilai signifikan lebih besar dari taraf nyata 0,05. Secara keseluruhan Pasar Tanjung Luar dengan Pasar Keruak, Pasar Sakra, Pasar Selong terjadi keterpaduan pasar atau teintegrasi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Ikan Tongkol, Pemasaran, Integrasi Pasar.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 22 Aug 2017 02:56
Last Modified: 22 Aug 2017 02:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/257

Actions (login required)

View Item View Item