STRUKTUR KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL WADU NTANDA RAHI KARYA ALAN MALINGI DENGAN PENDEKATAN PSIKOANALISIS SIGMUND FREUD

YUMAN, AGUSTIAWAN (2021) STRUKTUR KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL WADU NTANDA RAHI KARYA ALAN MALINGI DENGAN PENDEKATAN PSIKOANALISIS SIGMUND FREUD. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI YUMAN AGUSTIAWAN FIX PRINT SUDAH REVISI SETELAH UJIAN SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Novel Wadu Ntanda Rahi Karya Alan Malingi merupakan salah satu karya sastra yang menyajikan permasalahan fenomena psikologis atau kejiwaan yang dialami oleh tokoh. Kisah kehidupan La Nggini dalam novel tersebut sangatlah pelik, sehingga sangatlah menarik untuk diteliti. Salah satu yang menarik untuk diteliti adalah struktur kepribadian tokoh La Nggini dalam novel Wadu Ntanda Rahi karya Alan Malingi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan struktur kepribadian tokoh utama dalam novel Wadu Ntanda Rahi karya Alan Malingi dengan pendekatan psikoanalisis Sigmund freud. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan ada dua yaitu metode kepustakaan dan metode baca dan catat. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa, ketika saudagar melamarnya di atas kapal, La Nggini mulai terdiam dan mengkhayal jika ia menikah dengan saudagar kaya raya maka segala kebutuhan akan terpenuhi, dipeluk dan disayang. Khayalan tersebut merupakan struktur kepribadan id La Nggini. Setelah beberapa saat mengkhayal muncul ego dalam diri La Nggini yaitu berpikir logis serta menguatkan pendirianya yang goyah akan khayalan menikah dengan saudagar sehingga memutuskan untuk melupakan khayalanya dan memilih untuk menunggu kepulangan sang suami dari perantauan. Kemudian struktur kepribadian superego terlihat ketika La Nggini menolak ajakan saudagar untuk menikah dan lebih memilih untuk tidak mengingkari kata hati serta sumpahnya terhadapa suaminya. Superego yang dimiliki oleh La Nggini memperlihatkan adanya nilai-nilai dalam masyarakat Bima bahwa menunggu adalah hal yang dianggap baik yang dapat dijadikan contoh dalam berkehidupan. Jadi, dilihat dari peritiwa di atas, tokoh utama La Nggini dalam novel Wadu Ntanda Rahi karya Alan Malingi adalah seorang perempuan yang memiliki kepribadian yang setia, karena La Nggini lebih memilih untuk menolak lamaran saudagar kaya raya dan lebih memilih untuk menunggu kepulangan sang suami yang telah lama pergi merantau.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata-kata kunci: Struktur kepribadian, Tokoh utama, Novel, Psikoanalisis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 12 Nov 2021 01:23
Last Modified: 12 Nov 2021 01:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/25862

Actions (login required)

View Item View Item