FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TERJADINYA KAWIN BERULANG PADA SAPI BALI DAN UPAYA PENANGGULANGANNYA DI KECAMATAN AIKMEL

Lusiana, Hartati (2021) FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TERJADINYA KAWIN BERULANG PADA SAPI BALI DAN UPAYA PENANGGULANGANNYA DI KECAMATAN AIKMEL. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LUSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan utama penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya kawin berulang pada sapi Bali dan bagaimana upaya penanggulangannya di Kecamatan Aikmel, Kabupaten Lombok Timur. Metode penelitian ini adalah deskriptif yang menggunakan 93 ekor sapi Bali dengan metode purposive sampling. Data primer diperoleh dari pengamatan langsung ternak, kemudian dilanjutkan dengan mewawancarai peternak, sedangkan data sekunder diperoleh dari catatan inseminator. Variabel yang diamati adalah pelaksanaan inseminasi buatan, kejadian kawin berulang, pengetahuan peternak tentang siklus estrus dan pelaporan estrus, pengetahuan peternak tentang reproduksi ternak dan perkandangan. Data dianalisis dengan Uji Chi Square (X2) menggunakan program data SPSS 23.0. Hasil analisis menunjukkan, pengalaman beternak, frekuensi pengamatan estrus/hari, tanda-tanda estrus dan umur ternak memiliki pengaruh signifikan (X<0,05) terhadap kejadian kawin berulang dengan nila (X2 = 0,00). Pengaruh dari peternak adalah pengalaman beternak 32,26%, pengamatan estrus/hari 31,18% peternak tidak mengetahui penyakit dan ciri-ciri gangguan reproduksi 19,35%, dan sanitasi kandang buruk 10,75% . Faktor ternak adalah umur tenak sebesar 6,45%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa faktor yang mempengaruhi kawin berulang adalah peternak khususnya dalam pengamatan estrus.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Estrus, inseminasi buatan, kawin berulang, reproduksi, sapi bali.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 12 Nov 2021 01:37
Last Modified: 12 Nov 2021 01:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/25870

Actions (login required)

View Item View Item